Berita Populer

Nyalip Dari Kiri Berujung Nahas: Direktur Indomaret dan LCGC Nekat

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 24 Okt 2021 18:18 WIB
LCGC kecelakaan usai salip truk dari kiri
LCGC kecelakaan usai salip truk dari kiri. Foto: Instagram @dashcam_owner_indonesia.
Jakarta -

Dua insiden kecelakaan lalu lintas terjadi akibat menyalip truk dari sisi kiri. Diketahui, menyalip truk dari kiri sangat berbahaya. Soalnya blind spot truk lebih besar.

Mobil yang dikendarai Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian tertimpa truk kontainer. Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta Ipda Jamal Nasir menjelaskan, kendaraan datang dari arah Bandung menuju Jakarta. Setiba di lokasi kejadian di jalan sedikit menurun, truk hilang kendali kemudian terguling lalu menimpa kendaraan minibus Hyundai yang berusaha menyalip dari sebelah kiri.

Jamal menjelaskan, sebelum terguling, truk menabrak pembatas jalan kemudian datang minibus itu berusaha menyalip kendaraan dari sebelah kiri.

Kecelakaan truk timpa minibus di Tol CipularangKecelakaan truk timpa minibus di Tol Cipularang Foto: (Dian Firmansyah/detikcom)

Peristiwa menyalip dari kiri yang berujung kecelakaan juga dialami sebuah mobil low cost green car (LCGC) berwarna merah. Sopir terlihat kehilangan kendali usai dipepet truk ketika menyalip dari sebelah kiri.

Dari kejauhan LCGC berwarna merah tersebut sedang mengambil ancang-ancang untuk menyalip truk. Mobil tersebut juga mengedipkan lampu jauh (dim), dan menyalip dari sebelah kiri.

Sejurus kemudian mobil LCGC itu hampir melewati truk. Tetapi truk berwarna orange itu juga mengambil sisi kiri di mana masih terdapat mobil LCGC. Truk pun menyenggol buntut belakang mobil LCGC tersebut. Walhasil mobil LCGC itu pun hilang kendali, mobil berputar hingga menerobos pembatas jalan, dan ditabrak dari arah berlawanan. Mobil LCGC itu pun terbalik.

Menurut pakar keselamatan berkendara yang juga founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, menyalip kendaraan dari sisi kiri memang berbahaya. Ada beberapa faktor yang membuat menyalip dari kiri berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan.

"Kalau kita setir kanan, blind spot kendaraan akan lebih besar sebelah kiri dibanding sebelah kanan. Kiri, selalu menjadi bagian dari bahu jalan kalau di tol. Kiri juga kalau di jalan biasa tempatnya pejalan kaki, tempatnya mobil parkir dan lain-lain," beber Jusri menjelaskan bahaya menyalip dari sisi kiri.

Terlebih, lanjut Jusri, menyalip kendaraan besar seperti truk dari kiri risiko kecelakaannya lebih tinggi. Sebab, blind spot atau area tidak terlihat dari sebuah truk semakin besar.

"Pada umumnya dari kelemahan-kelemahan menyalip dari kiri, pertama blind spot, kemudian (saat menyalip dari kiri ada) objek-objek yang lemah seperti motor, pejalan kaki, gerobak itu ada di kiri jalan. Bahu kiri jalan itu sempit sekali. Oleh karena itu, dibuat aturan untuk kenyamanan dan keselamatan, kiri nggak boleh nyalip kalau di setir kanan," jelas Jusri.



Simak Video "Ringseknya Mobil Rombongan Santri usai Ditabrak Truk di Kediri"
[Gambas:Video 20detik]