Tanpa Rusak Jendela-Kunci, Maling Canggih Curi Mobil Mitsubishi Outlander Hitungan Detik

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 10 Okt 2021 19:31 WIB
Pencurian mobil menggunakan gadget mirip Nintendo
Ilustrasi alat yang digunakan oleh pencuri di Inggris untuk mencuri Mitsubishi Outlander Foto: Youtube/CN Autokeys
Jakarta -

Sekelompok pencuri mobil dari West Yorkshire, Inggris tertangkap setelah ketahuan mencuri Mitsubishi Outlander senilai £180.000 atau sekitar Rp 3,5 miliar. Dalam aksinya, kelompok pencuri itu dibantu oleh gawai mirip konsol game lawas Nintendo Game Boy tanpa merusak jendela ataupun kunci.

Dikutip BBC, Minggu (10/10/2021) Polisi West Yorkshire sudah meringkus tiga pelaku pencurian, yakni Dylan Armer, Christopher Bowes dan Thomas Poulson. Ketiganya sudah mencuri lima Mitsubishi Outlanders dengan menggunakan gadget tersebut untuk membuka sistem keamanan mobil.

Rekaman CCTV yang dirilis oleh Polisi West Yorkshire menunjukkan dua pria berkupluk mencabut catu daya dari mobil PHEV. Sejurus kemudian pintu mobil bisa dibuka dan para pencuri dengan mudah berkendara menggunakan perangkat tersebut.

Polisi West Yorkshire mengatakan perangkat senilai £20.000, dapat membuka kunci dan menyalakan mobil hanya dalam hitungan detik. Aksi pencurian sudah dilakukan sejak Juli lalu.

Pihak kepolisian masih melakukan investigasi lebih lanjut terhadap cara kerja alat tersebut.

Armer telah dijatuhi hukuman 30 bulan penjara sementara Bowes dan Poulson dijatuhi hukuman penjara 22 bulan, ditangguhkan selama dua tahun, karena keterlibatan mereka dalam pencurian. Ketiganya berasal dari Yorkshire, dipenjara di Leeds Crown Court setelah mengakui pencurian tersebut.

[Gambas:Youtube]

Alat yang mirip digunakan pencuri tersebut pernah dijual sejak 2020 lalu. Dikutip The Drive, pemilik perangkat hanya perlu berjalan mendekati mobil dan mengaktifkan sistem dengan menekan tombol kunci/buka kunci pada pegangan pintu. Alat Kunci memindai dan merekam sinyal yang berasal dari mobil dan memungkinkan pengguna untuk memasuki mobil dengan apa yang dianggapnya sebagai remote resmi.

Belum diketahui apakah alat ini tersedia untuk semua merek dan model kendaraan, namun mobil-mobil yang sudah berhasil dibobol di antaranya Kia, Hyundai, Nissan, dan Mitsubishi.



Simak Video "Curi Mobil Warga yang Terparkir di Rumah, Pria di Makassar Dibekuk"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)