Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Rest Area Tipe A, B, dan C di Tol

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 16:04 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengkaji 4 konsep pengembangan rest area Jalan Tol dengan fungsi yang lebih luas.
Rest area jalan tol. Foto: Kementerian PUPR
Jakarta -

Di sepanjang jalan tol tersedia rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP). Fasilitas ini bisa dimanfaatkan pengendara yang melintas jalan tol untuk beristirahat. Tapi, tahukah kamu ada tiga tipe rest area yang berbeda-beda?

Dikutip dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), tipe dan jarak rest area dibuat dengan interval tertentu agar aktivitas berkendara terasa nyaman dan tidak melelahkan.

Rest Area terbagi menjadi tiga, yaitu Tipe A, B, dan C. Pembagian tipe rest area itu disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Keberadaan Rest Area bukan hanya sebagai tempat singgah istirahat ketika lelah berkendara. Di dalam rest area juga disajikan bermacam etalase produk lokal dan pengembangan wilayah sekitarnya.

Jarak interval antar-TIP (Rest Area) pada arah yang sama diatur dengan ketentuan. Hal ini juga tercantum dalam Peraturan Menteri PUPR No 10 Tahun 2018 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol. Lalu, apa bedanya ketiga tipe rest area?

Rest area tipe A memiliki area lebih luas dan punya fasilitas umum yang lengkap. Di dalam rest area tipe A terdapat fasilitas seperti ATM, toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, kios, tempat parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran.

Kemudian rest area tipe B memiliki area yang lebih kecil dibandingkan tipe A. Untuk fasilitas rest area tipe B meliputi ATM center, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir.

Selanjutnya untuk rest area tipe C memiliki area paling kecil dibandingkan tipe A dan B. Fasilitasnya antara lain toilet, warung atau kios, mushola, dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Terkadang, rest area tipe C hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu seperti saat libur panjang, dan libur hari raya.



Simak Video "Banyak yang Belum Tahu, Ini Bedanya Rest Area Tipe A, B, dan C"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)