SUV Terlalu Mainstream, Tank Mewah untuk Offroad Ini Dilelang untuk Umum

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 01 Okt 2021 18:55 WIB
Ripsaw EV4-F4
Ripsaw EV3-F4 Foto: Hemmings Auction
Jakarta -

Bukan lagi beli pesawat atau mobil mahal, warga sipil kini bisa memiliki tank mewah serba bisa. Ya, lewat pelelangan Hemings Auction, sebuah tank buatan Howe & Howe Technologies, Ripsaw EV3-F4.

Ripsaw EV3-F4 bisa dibeli oleh warga sipil, hanya saja perlengkapan senjatanya dicopot. Tank tersebut kini tengah dilelang di Hemings Auction, harga penawaran tertinggi saat ini US$ 425.000 atau sekitar Rp 6 miliaran.

Odometer dari EV3-F4 buatan tahun 2020 ini hampir menyentuh 100 kilometer. Kalau beli baru, Ripsaw EV3-F4 dijual mulai dari US$ 500.000.

Ripsaw EV3-F4 memiliki peralatan untuk lakukan perjalanan offroad berat buat eksplorasi, seperti melintasi rawa, jalan salju, dan menaklukkan gurun. Ripsaw EV3-F4 dibangun dengan kerangka eksternal baja tubular.

Ripsaw EV4-F4Ripsaw EV3-F4 Foto: Hemmings Auction

Tampil kekar dengan dominasi warna hitam, Ripsaw EV4-F4 juga menggunakan sistem crawler seperti yang digunakan pada tank pada umumnya. Sedangkan bobotnya lebih dari 4,5 ton dan memiliki ground clearance 508 mm (20 inci).

Untuk penggunaan off-road, ada sistem winch yang diatur di bagian belakang dan kait penyelamat di bagian depan kendaraan. Bersamaan dengan itu, rangkaian lampu LED mendukung lampu di sekitar mobil untuk mendukung night vision.

Ripsaw EV4-F4 ditenagai mesin diesel Duramax V8 6.6L, menghasilkan 800 tenaga kuda dan torsi 2.033 Nm. Sedangkan untuk mencapai kecepatan tertinggi hampir 97 km/jam.

Masuk ke dalam interiornya, tentu saja berbeda dengan tank yang ada pada saat ini. Jok dengan konfigurasi empat penumpang dibuat oleh Recaro.

Ripsaw EV4-F4Ripsaw EV3-F4 Foto: Hemmings Auction

Area kokpit akan melihat bentuk kemudi seperti huruf U, mirip dengan Tesla Model S Plaid. Ripsaw EV3-F4 juga dilengkapi dua layar sentuh 12 inci, yang disediakan oleh Garmin.

Ripsaw EV4-F4 ini juga dilengkapi dengan sistem kamera inframerah termal 360 derajat, membantu pengemudi memantau lingkungan di malam hari melalui layar tengah.

Tertarik meminangnya? Disebut ini merupakan salah satu dari hanya enam tank dengan kapasitas 4 kursi yang telah dibuat oleh Howe & Howe.



Simak Video "Keren! Tank Boat Antasena Milik Pindad Lolos Uji Sea Trial & Firing Test"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)