Lokasi dan Jadwal Ganjil Genap Jakarta Hari Sabtu-Minggu, Termasuk Tempat Wisata

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 18 Sep 2021 06:25 WIB
Pos pengecekan ganjil genap menuju kawasan TMII (Wilda-detikcom)
Pos pengecekan ganjil genap menuju kawasan TMII (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Aturan pembatasan jumlah kendaraan dengan sistem ganjil genap masih berlaku di akhir pekan ini. Berikut daftar lokasi dan jadwal ganjil genap untuk hari Sabtu dan Minggu.

Kebijakan ganjil genap kembali diberlakukan oleh Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta di sepanjang pekan ini. Ini merupakan perpanjangan dari aturan yang sebelumnya sudah diberlakukan seiring masih berlanjutnya PPKM Level 2-4 di Jawa dan Bali.

Dilihat detikOto dari Instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, ganjil genap tetap berlaku di hari Sabtu dan Minggu.

Tidak ada perbedaan antara ganjil genap hari kerja dengan hari Sabtu-Minggu. Jadwalnya pun masih sama, yakni dimulai pukul 06.00 WIB dan selesai pukul 20.00 WIB.

Aturan Ganjil Genap Jakarta Terbaru di Tempat Wisata, Jangan Sampai Salah!Aturan Ganjil Genap Jakarta Terbaru di Tempat Wisata(Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Lokasi ganjil genap DKI Jakarta ada di tiga ruas utama ibukota, yakni:

  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan M.H Thamrin
  3. Jalan H.R Rasuna Said

Ganjil Genap Mulai Berlaku di Lokasi Wisata

Mulai pekan ini, ganjil genap tidak hanya berlaku di jalan utama ibukota. Demi membatasi keramaian, ganjil genap juga diberlakukan di lokasi-lokasi wisata.

Ganjil genap di lokasi wisata ini berpedoman pada Instruksi Mendagri Nomor 42 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4, level 3, dan level 2 corona virus deseas 2019 di wilayah jawa bali. Selain itu juga berdasarkan Kepgub Prov DKI Jakarta Nomor 1096 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 corona virus deases 2019.

"Penerapan ganjil genap di tempat wisata mulai Jumat - Minggu tujuannya mengurangi kendaraan ke sana. Supaya jangan sampai kayak Pangandaran minggu lalu pengunjung banyak," kata kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan pada awal pekan ini.

Lokasi wisata yang kena ganjil genap adalah:

  1. Pintu I Taman Mini Indonesia Indah
  2. Gerbang barat dan timur Taman Impian Jaya Ancol

Ganjil genap di lokasi wisata diberlakukan untuk menghindari membludaknya pengunjung di lokasi-lokasi wisata, sebagaima sudah terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Ganjil genap lokasi wisata, kata Luhut, akan berlaku mulai Jumat sampai Minggu.

Jadwal ganjil genap di lokasi wisata

  1. Berlaku setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu
  2. Dimulai pukul 12.00 sampai 18.00 WIB
  3. Diberlakukan mulai tanggal 17 September

Tonton juga video Viral tentang piknik di antara hutan beton Jakarta berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(din/lth)