TNI Gagalkan Penyelundupan Land Cruiser di Perbatasan RI-Malaysia, Sopirnya Kabur

team DetikOto - detikOto
Senin, 13 Sep 2021 13:48 WIB
Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia - Malaysia menggagalkan penyelundupan satu unit mobil Toyota Land Cruiser VX 80 asal Malaysia.
Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia menggagalkan penyelundupan Land Cruiser VX80 Foto: Antara
Pontianak -

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia - Malaysia menggagalkan penyelundupan satu unit mobil Toyota Land Cruiser VX 80 asal Malaysia. Tim Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara sakti menghentikan mobil tersebut di daerah Segorong, Kec. Seluas, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat pada Sabtu (11/9).

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono menjelaskan penangkapan berawal dari informasi masyarakat bahwa telah melintas 1 (satu) unit Toyota Land Cruiser VX80 dari arah Malaysia masuk ke Indonesia.

Lalu kemudian tim Satgas Pamtas yang dipimpin Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) II Koki Jagoi Babang, Lettu Inf Oki Abri Maestro berserta personel Tim Tindak Bea Cukai Kanwil Kalbagbar berhasil mengamankan mobil berjensi SUV tersebut pada Sabtu (11/9) sekitar pukul 22.00 malam. Sebelumnya tim berpatroli, menyisir hingga melakukan pengejaran dari Kecamatan Jagoi Babang hingga Kecamatan Seluas.

"Tepatnya di daerah Segorong, Kecamatan Seluas, didapati mobil dimaksud, yaitu jenis Toyota Land Cruiser VX80, kemudian oleh personel Satgas Pamtas dan Tim Tindak Bea Cukai menghentikan secara paksa dan mobil berhenti dengan kondisi mesin masih menyala, pintu sebelah kanan terbuka namun sopir berhasil melarikan diri," ungkap Hendro seperti dikutip Antara, Senin (13/9/2021).

Sementara nasib mobil Toyota Land Cruiser VX 80 itu diserahkan kepada Kantor Bea Cukai Kanwil Kalbagbar untuk diperiksa lebih lanjut, sedangkan identitas pelaku yang melarikan diri sudah dikantongi petugas dan masih dalam proses pencarian.

"Atas kerawanan ini, kami Satgas Pamtas akan meingkatkan dan memperketat pengawasan sepanjang jalur perbatasan Indonesia-Malaysia," tegas Hendro.

Kepala Kantor Bea Cukai Jagoi Babang, Junanto Kurniawan mengatakan mobil selundupan tersebut akan disita Bea Cukai, dan selanjutnya dilelang oleh negara.

Sekilas tentang Toyota Land Cruiser VX80, ini merupakan mobil SUV yang sudah berumur lebih dari 2 dekade. Dikutip laman Toyota Global, Land Cruiser VX80 masuk dalam mobil generasi ketiga, yang diproduksi sejak tahun 1989. Land Cruiser VX80 merupakan SUV legendaris yang melanjutkan kiprah dari generasi Land Cruiser sebelumnya, seperti Seri 40, 50, dan 60.

Perubahan drastis dari seri 80 juga terjadi pada suspensi per. Jika pada model sebelumnya menggunakan daun (leaf spring), di seri 80 mulai digantikan dengan per keong (coil spring) di depan dan belakang.

Punya badan bongsor, Toyota Land Cruiser Seri 80 dibekali 3 pilihan mesin, yaitu 3F-E (bensin), 1HD-T (diesel), dan 1HZ. Tapi untuk pasar Indonesia, Toyota Land Cruiser Seri 80 yang resmi masuk via PT Toyota-Astra Motor pada 1995 hanya pakai mesin diesel, baik dengan turbo (1HD-T) maupun tanpa turbo (1HZ). Kedua mesinnya sama-sama berkapasitas 4.163 cc.

Meski tergolong mobil tua, harga Toyota Land Cruiser VX 80 bekas terpantau masih di atas Rp 400 juta. Setara dengan mobil-mobil SUV ladder frame bekas seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport tahun muda di Indonesia ya, detikers?



Simak Video "Tanda-tanda Land Cruiser Terbaru Masuk Indonesia, Ini Bocoran Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)