Perusahaan Karoseri Pembuat Sleeper Bus, Ada Laksana dan Adiputro

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 14 Jul 2021 18:39 WIB
Sleeper bus PO Pandawa 87
Sleeper bus Adiputro Dream Coach yang dioperasikan PO Pandawa 87. Foto: Dok. Adiputro
Jakarta -

Sleeper bus kini menjadi tren di jagat transportasi umum Indonesia. Tercatat sudah ada dua karoseri lokal yang memiliki produk bus dengan konsep kursi rebahan itu, yakni karoseri Laksana dan karoseri Adiputro. Karoseri Laksana memiliki Legacy SR2 Suites Class, sementara karoseri Adiputro memiliki Dream Coach yang mengusung konsep capsule bus. Seperti apa detail dari kedua model sleeper bus tersebut?

1. Laksana Legacy SR2 Suites Class

Laksana Legacy SR2 Suites Class pertama kali diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, di ICE, BSD, Tangerang. Bus ini pun langsung menjadi viral karena konsep bus seperti itu belum ada di Indonesia.

Fitur-fitur yang ditawarkan sleeper bus Laksana antara lain ada Reclining Sleeper Seat, Full AC, Audio/Video, Audio Video On Demand (AVOD) tiap seat + port USB (Suites Class, seat no.2 hingga ke belakang).

Sleeper bus PO New ShantikaSleeper bus PO New Shantika buatan karoseri Laksana Foto: Instagram @newshantika.official

Kemudian juga ada TV LED & meja lipat (VIP Suites Class, seat 1 A, B, C, D), USB charger tiap seat, lampu baca & lampu tidur tiap seat, korden penutup seat, tempat botol, safety belt, CCTV, tempat sandal & sepatu (karena sandal atau sepatu harus dilepas), termasuk toilet.

Sejauh ini sudah ada hampir 30 unit bus Suites Class yang diproduksi Laksana. Perusahaan Otobus (PO) yang sudah memakainya antara lain Sinar Jaya, Pandawa 87, Shantika, Shahalah, Handoyo, Tami Jaya, Litha, Adhi Putra, dan masih banyak lainnya.

2. Adiputro Dream Coach

Tak ingin ketinggalan dengan kompetitornya, Adiputro juga merilis sleeper bus pada akhir 2020 lalu. Sleeper bus buatan karoseri asal Malang ini disebut memiliki desain interior mewah dan kabin yang luas, sehingga diklaim bisa memberi kenyamanan dalam perjalanan bagi para penumpangnya. Selain itu, bus bernama Adiputro Dream Coach ini juga dikatakan steril dari virus dan bakteri, berkat teknologi yang digunakan.

Sleeper bus Adiputro 'Dream Coach'Sleeper bus Adiputro Dream Coach Foto: Instagram @adiputro_official

"Dengan model capsule, physical distancing antar penumpang dapat terjaga dengan baik. Selain itu, dalam tiap bilik, terdapat Air Purifier yang dilengkapi dengan UV sterilization dan HEPA Filter sehingga udara dalam kabin steril dari virus," tulis keterangan Adiputro.

Bus kapsul Adiputro saat ini sudah digunakan oleh PO Pandawa 87 dan PO Sinar Jaya. Sleeper bus Adiputro ini bisa mengadopsi berbagai merek sasis dan bisa juga digunakan untuk kebutuhan bus pariwisata maupun bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

(lua/din)