Pandemi Mengganas, Penyelenggara Optimis WSBK Indonesia Digelar Tahun Ini

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 04 Jul 2021 18:20 WIB
PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - FEBRUARY 27:  Jonathan Rea of Great Britain and KAWASAKI RACING TEAM leads the field during the WSBK Race 1 during qualifying for round one of the 2016 World Superbike Championship at Phillip Island Grand Prix Circuit on February 27, 2016 in Phillip Island, Australia.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Ilustrasi gelaran World Superbike di Australia Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pemerintah tarik rem darurat dengan PPKM Darurat Jawa-Bali tanda mengganasnya penyebaran virus Covid-19 ini. Di sisi lain, Indonesia mendapat mandat untuk menggelar ajang balap motor kelas dunia tahun ini di Sirkuit Mandalika.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan optimistis mereka menghadapi situasi ini dan tetap melangkah sesuai rencana.

"Sampai dengan saat ini kami dari MGPA dan Dorna masih berpegang kepada jadwal resmi yang telah dikeluarkan dan belum ada perubahan," ujar Happy Harinto, Chief Strategic and Communication MGPA kepada detikOto Minggu (7/7/21).

"Kami masih tetap optimis bahwa WSBK tetap diselenggarakan di Mandalika pada tahun ini, dan semoga pandemic ini segera menurun," papar Happy.

Indonesia masuk ke dalam kalender WSBK 2021 dan dijadwalkan untuk menggelar seri ke-13 di Sirkuit Mandalika pada 12 hingga 14 November 2021 mendatang.

Gelaran WSBK yang akan digelar di Indonesia ini bertajuk Pirelli Indonesian Round dan akan akan menjadi seri pamungkas dari gelaran WSBK musim 2021.

Namun menurut MGPA yang terpenting adalah kesehatan dan akan mengikuti arahan serta keputusan pemerintah.

"Bagi kami kesehatan adalah hal mutlak yang harus diutamakan dalam event motorsport ini dan kita ikuti arahan dan keputusan pemerintah," ujar Happy.

Dalam pembangunan Sirkuit Mandalika, menurut MGPA mereka sangat ketat untuk menjaga protokol kesehatan dan hingga saat ini pembangunan masih berlangsung sesuai rencana.

Saat ini, jadwal terdekat yang akan dihadapi oleh Sirkuit Mandalika adalah homologasi kesiapan sirkuit dari pihak Dorna dan FIM.

Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan di-homologasi oleh pihak Dorna dan FIM pada akhir bulan ini. Namun menurut MGPA, karena kondisi pandemi yang semakin mengganas di Indonesia ini perlu realistis menghadapinya.

"Jadwal homologasi awal oleh Dorna dan FIM seyogyanya dilaksanakan pada akhir bulan Juli atau awal Agustus tahun ini. Namun kita juga harus realistis dengan memperhatikan situasi darurat kasus Covid-19 di Indonesia, kita harap kasus Covid-19 ini dapat segera menurun," ujar Happy.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)