Ini Dia, Posisi Kursi Bus yang Paling Enak Buat Tidur Sepanjang Perjalanan

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 30 Jun 2021 07:36 WIB
Bus Double Decker PO Garuda mas
Ini posisi kursi terbaik di bus bagi penumpang yang ingin tidur sepanjang perjalanan. Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Fasilitas bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) sekarang ini memang lebih lengkap. Contohnya sudah ada layanan bus sleeper yang bisa membuat penumpang bus tidur sepanjang perjalanan. Layanan ini sleeper bus ini ada di dua jenis bus, yakni bus khusus sleeper seperti suite class Laksana dan dream coach-nya Adiputro. Lantas bagaimana dengan penumpang di bus single deck ya? Apakah masih bisa merasakan nyamannya tidur seperti di bus sleeper?

Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, menyarankan kepada para penumpang bus yang ingin tidur sepanjang perjalanan agar memilih baris kursi paling belakang. Menurut Zaenal, kursi baris paling belakang memiliki keistimewaan tersendiri karena bisa direbahkan semaksimal mungkin karena tidak ada kursi penumpang lain di belakangnya.

"Kalau saya yang memang penikmat tidur, kursi paling enak ya di belakang. Tepatnya kursi di sebelah kiri paling belakang, sebelum pintu. Kenapa? Karena kursinya bisa direbahkan ke belakang secara full, karena kan tidak ada kursi lain," kata Zaenal, kepada detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (29/6/2021).

Posisi kursi paling belakang tersebut tentunya bakal makin sempurna jika kursinya sudah terdapat legrest (sandaran betis), footrest (sandaran kaki), dan armrest (sandaran lengan). Terlebih jika busnya sudah memiliki sistem suspensi udara (air suspension), maka guncangan di kursi belakang bakal tidak terasa, meski posisi kursi paling belakang biasanya terletak di atas ban.

Itu jika kasusnya pada bus single deck, sementara pada bus double decker dengan kursi non sleeper, posisi kursi paling nyaman untuk tiduran ini biasanya terletak tepat di antara tangga di dek atas. Bagi yang posisi kursinya di depan tangga, kursi bisa direbahkan maksimal, sementara bagi yang kursinya di belakang tangga, maka bisa mendapatkan ruang kaki lebih luas.

Nah, kalau detikers yang pernah naik bus, lebih senang duduk di kursi bagian mana?

(lua/din)