Gaikindo Sadar Ada Keterlambatan Pasokan Mobil, tapi Tak Sampai 3 Bulan

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 10 Jun 2021 11:14 WIB
Salah satu diler mobil Toyota di Indonesia, Auto2000 meresmikan diler di kawasan bintang Jakarta, Jalan Sudirman. Diler ini boleh jadi merupakan yang termewah di Indonesia.
Ilustrasi Diler mobil Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Relaksasi pajak PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) memasuki etape kedua, artinya konsumen yang melakukan pembelian mobil baru pada Juni-Agustus 2021 akan mendapatkan diskon pajak PPnBM sebesar 50%. Sayangnya banyak konsumen yang harus menunggu lama untuk mendapatkan unitnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) membuka suara akan sulitnya unit yang didapatkan konsumen. Gaikindo mengakui memang ada keterlambatan pengiriman unit kendaraan.

"Kalau saya cek memang harus inden tapi tidak lebih dari 3 bulan. Tapi kalau Toyota Vios itu memang tinggi indennya, Fortuner berbagai model juga agak tinggi. Mitsubishi saya cek kalau untuk Pajero Sport produksi sudah kembali normal tapi ada satu model Pajero yang upper level atau level teratas itu agak inden," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kepada detikOto.

Meski demikian Nangoi menilai, banyaknya konsumen yang melakukan pemesanan kendaraan menjadi signal positif dan menandakan program tersebut berhasil meningkatkan animo masyarakat untuk memiliki kendaraan.

Skema Diskon PPnBM Mobil 1.501-2.500 ccSkema Diskon PPnBM Mobil 1.501-2.500 cc Foto: Pool

"Jadi menurut saya memang mau tidak mau, ada program ini signal positif sekali bahwa masyarakat itu antusias, masalah belum memenuhi kebutuhan kami monitor terus. Karena kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, dikhawatirkan akan ada kejadian shortage atau apa, tetapi hingga sekarang harusnya produksinya normal-normal saja, cuma memang belum bisa menanjak dengan cepat," Nangoi menambahkan.

Selain mobil di bawah 1.500 cc yang mendapat relaksasi PPnBM. Pemerintah resmi memperluas cakupan diskon PPnBM untuk kendaraan berkapasitas mesin 1.501 cc-2.500 cc. Ada dua skema dalam program ini.

Pertama, kendaraan 4x2 dapat diskon PPnBM 50% untuk tahap I antara April-Agustus 2021 dan diskon 25% pada bulan September-Desember 2021. Kedua, kendaraan 4x4 dapat diskon 25% antara April-Agustus 2021 dan diskon 12,5% pada September-Desember 2021.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)