Mengenal Arti Kode Lampu Sein pada Bus AKAP

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 08 Mei 2021 04:04 WIB
ANTARA FOTO/ Bus di Pelabuhan Merak, Senin (23/12/2019) malam
Mengenal kode lampu sein di bus AKAP. Foto: ANTARA FOTO/ Bus di Pelabuhan Merak, Senin (23/12/2019) malam
Jakarta -

Lampu sein merupakan salah satu fitur penting pada kendaraan bermotor yang berguna untuk memberi sinyal ketika ingin berbelok ke kanan atau ke kiri. Namun pada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), lampu sein bisa memiliki fungsi yang lebih luas dari itu.

Seperti dalam postingan akun Instagram @puteramulya_sejahtera, dijelaskan bahwa para driver bus AKAP lazim memainkan lampu sein. Kode ini biasanya hanya diketahui antar sesama driver bus AKAP. Masing-masing daerah pun memiliki aturan dan ketentuannya sendiri.

Misalnya untuk isyarat lampu sein bus AKAP di Jawa Timur, jika ada sebuah bus menghidupkan lampu sein sebelah kanan dan tidak ada tikungan di area tersebut, maka hal itu merupakan sebuah isyarat.

Isyarat apa itu? Adalah isyarat untuk mendahului bus tersebut dari lajur kanan, dikarenakan lajur tersebut aman dan tidak ada kendaraan atau objek lain.

Kemudian jika driver bus AKAP terus menyalakan lampu sein sebelah kiri, artinya pengendara di belakangnya sebaiknya tidak mendahului karena kondisi tidak aman atau ada kendaraan dari arah berlawanan.

Sementara di wilayah Sumatera, kode lampu sein yang dinyalakan driver bus bisa memliki arti yang berbeda. Misal jika lampu sein kanan bus menyala, maka disarankan tidak mendahului bus tersebut dikarenakan ada kendaraan dari lawan arah.

Sebaliknya, jika lampu sein kiri yang terus menyala, maka menandakan bahwa tak ada kendaraan dari arah berlawanan, sehingga pengendara di belakang bisa mendahului dari lajur kanan.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kenapa Lampu Rem Harus Berwarna Merah dan Lampu Sein Kuning?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)