Meluncur Hari Ini, Perpanjang dan Bikin SIM Cukup Buka HP

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 13 Apr 2021 07:46 WIB
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Lalu Hedwin memperkirakan semasa pandemi COVID-19 aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan mencapai 75 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.
Ilustrasi ujian praktik bikin SIM. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta -

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri hari ini bakal meluncurkan pelayanan SIM online. Pelayanan SIM online ini bisa dinikmati melalui sebuah aplikasi yang dikembangkan Korlantas Polri.

Nama aplikasinya adalah Sinar, singkatan dari SIM Nasional Presisi. Aplikasi itu bakal tersedia di "App Store" atau "Play Store" di telepon seluler

"Aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi) berbasis mobile apps yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store," kata Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati dalam keterangan tertulis kepada detikOto.

Menurutnya, aplikasi SINAR merupakan aplikasi yang baru untuk pelayanan SIM online. Di dalamnya terdapat layanan perpanjangan SIM A dan SIM C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori SIM secara online, layanan pemeriksaan Psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

"Registrasi online bisa untuk seluruh golongan dan jenis SIM," ujar Jati.

Khusus perpanjangan SIM A dan SIM C secara online, pemohon tak perlu datang ke Satpas, cukup menggunakan aplikasi SINAR. Namun, untuk penerbitan baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk ujian praktik. Ujian teori bisa dilakukan secara online.

"Untuk SIM baru setelah memenuhi persyaratan pada registrasi SIM online, selanjutnya wajib datang ke Satpas yang dipilih untuk melaksanakan uji praktik SIM," ucap Jati.

Jati menegaskan, SIM online akan diluncurkan hari ini, Selasa (13/4/2021). "(Peluncuran aplikasi SINAR) Tanggal 13 April," kata Jati dikonfirmasi detikOto melalui pesan WhatsApp, Senin (12/4/2021).

Layanan perpanjangan SIM melalui aplikasi lebih praktis. Sebut saja pemohon tak perlu lagi antre, fotokopi, dan membawa dokumen di dalam map.

Jati mengatakan metode pembayaran perpanjangan SIM bisa melalui ATM, M-Banking, atau Internet Banking.

"Bisa dari bank atau channel pembayaran apapun sepanjang dengan menggunakan virtual account (VA)," ungkap Jati.

Layanan pembayaran SIM melalui aplikasi Sinar sementara ini belum seperti E-Samsat yang bisa melalui e-commerce bahkan di minimarket. Namun Korlantas mengatakan akan terus memperluas metode pembayaran.

"Lewat minimarket tidak bisa, harus melalui VA. Kalau minimarket ada ATM nya bisa tapi melalui transfer. Ke depan akan kerjasama dengan mitra pembayaran lain," tambah Jati.



Simak Video "Simak! Ini 11 Langkah Perpanjang SIM Online Via SINAR"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)