Boyolali Punya 60 Kamera CCTV Terkoneksi ETLE

Ragil Ajiyanto - detikOto
Kamis, 25 Mar 2021 07:44 WIB
Peresmian Pemberlakuan Tilang Elektronik di Boyolali
Boyolali punya 60 kamera CCTV terkoneksi ke ETLE (Ragil Ajiyanto/detikOto)
Jakarta -

Polri meluncurkan program Electronic Traffic Law Enforcement(ETLE) atau tilang elektronik. CCTV milik Pemkab Boyolali yang tersebar di sejumlah titik akan dikoneksikan ke program Kepolisian untuk menindak pelanggar lalulintas tersebut.

Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond mengatakan, untuk penerapan tilang elektronik untuk sementara ini dari Polres Boyolali telah ada dua CCTV yang terpasang. Namun pihaknya juga bekerja sama untuk mengintegrasikan CCTV milik Pemkab Boyolali ke program ETLE tersebut.

"Kalau di sini (Boyolali) kita sudah siapkan 2 titik (CCTV) yang statis. Namun kita sedang kembangkan dengan Dinas Kominfo (Boyolali). Dinas Kominfo ini punya CCTV di Kota Boyolali sebanyak 60 titik dan itu nanti akan ter-connecting sama kita dan itu juga kita akan masukkan dalam ETLE tadi," ujar Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond, kepada para wartawan beberapa waktu lalu.

Selain CCTV yang terpasang di sejumlah titik tersebut, beberapa anggota lalulintas juga dilengkapi dengan kamera portable penindakan kendaraan bermotor (Kopek). Kamera itu dipasang di helm anggota Satlantas yang melaksanakan kegiatan patroli.

"Kalau Kopek kita punya 5, terutama di perlengkapannya anggota lalulintas yang melaksanakan kegiatan patroli. Dipasang di helm. Ada juga yang dipasang di mobil, ada yang di kendaraan roda empat," jelas Morry.

Dikemukakan Morry, tilang elektronik ini merupakan bagian dari social engineering kepada masyarakat. Yaitu membiasakan masyarakat untuk bisa disiplin tanpa harus ada kehadiran polisi di jalan.

"Dengan adanya keterwakilan CCTV yang ada di lapangan, masyarakat bisa lebih membudayakan untuk disiplin berlalulintas," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, berharap dengan penerapan tilang elektronik ini masyarakat bisa lebih tertib, lebih patuh terhadap aturan lalulintas. Dengan tertib di jalan raya sehingga juga bisa menekan angka kecelakaan lalulintas.

"Yang penting dengan adanya e-Tilang ini menumbuhkan kesadaran warga masyarakat untuk lebih tertib lagi di jalan. Saya kira tidak hanya untuk lalulintas saja, jadi tadi diperlihatkan bisa untuk hal-hal yang menyangkut pencurian, kejahatan nanti bisa terbantu dengan adanya e-TLE ini," kata Iwan, sapaannya.



Simak Video "Ini Alur Tilang Elektronik Hingga Pembayarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)