Sepeda 'Antik' yang Dibawa Anies Naik MRT

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 24 Mar 2021 21:21 WIB
Anies Baswedan Bawa Sepeda Naik MRT
Anies Baswedan membawa sepeda kesayangannya naik MRT (Instagram @mrtjakarta)
Jakarta -

Mulai hari ini sepeda nonlipat diizinkan naik MRT. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba langsung kebijakan tersebut dengan membawa sepeda 'antiknya' masuk gerbong MRT.

Dikutip dari keterangan resmi pihak MRT, sejauh ini baru ada tiga stasiun yang aksesnya dibuka untuk sepeda nonlipat. Stasiun tersebut adalah Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

Pada setiap rangkaian kereta, disiapkan satu kereta (car) khusus bagi sepeda non lipat, dan dialokasikan untuk 4 sepeda dalam setiap keberangkatan Ratangga.

Di hari pertama ini Gubernur Anies langsung mencoba fasilitas yang disediakan MRT Jakarta.

"Hari ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba fasilitas sepeda nonlipat di MRT Jakarta. Ia tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab sekitar pukul 06.30 WIB ditemani oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Achmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, yang bersepeda dari kediaman Gubernur Anies," demikian caption pada post Instagram @mrtjakarta.

"Rombongan kemudian menggunakan ratangga tujuan Stasiun Bundaran HI pukul 06.44 WIB. Sesampainya di Stasiun Bundaran HI, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Balaikota Provinsi DKI Jakarta dengan bersepeda," lanjut keterangan tersebut.

Anies Baswedan Bawa Sepeda Naik MRTAnies Baswedan Bawa Sepeda Naik MRT Foto: Instagram @mrtjakarta

Dalam kesempatan tersebut Anies membawa sepeda kesayangannya. Sepeda tersebut bermerek Schwinn dengan tipe Skyliner. Pada banyak kesempatan bersepeda, Anies kerap terlihat memakai sepeda tersebut. Sepeda yang dinaiki Anies merupakan merek asal Amerika Serikat.

Sepeda itu bisa dibilang antik. Pada sebuah kesempatan tengah tahun lalu, Anies menceritakan kalau dia sudah memiliki sepeda tersebut selama 15 tahun.

"Saat beli dahulu harganya sekitar $150. Ketika kembali ke Indonesia, sepeda ini ikut dikirim bersama buku-buku masa kuliah. Sampai sekarang sepeda ini tetap nyaman dipakai, masih kokoh, dan hanya perlu perbaikan mekaniknya seperti rantai dan gigi karena sudah "aus" dimakan waktu," kata Anies ketika itu.

Dikutip dari berbagai sumber, Schwinn Skyliner seperti yang dimiliki Anies memiliki frame dari aluminium. Sepeda ini menggunakan shifter Shimano 7 tingkat percepatan.

Anies terlihat sudah memberikan beberapa aksesoris pada sepeda kesayangannya itu. Terlihat ada bocengan di belakang, plus tas sepeda yang dia pasang di top tube sepedanya.

Schwinn adalah merek sepeda asal Amerika Serikat. Schwinn sudah mulai merilis sepeda sejak 1895, di mana pendirinya adalah seorang pria kelahiran Jerman.

Dikutip dari Los Angeles Times, Schwinn sempat merajai penjualan sepeda di Amerika Serikat pada periode 1900-an. Namun pada tahun 1992 mereka menyatakan bangkrut. Saat ini produsen sepeda tersebut berada di bawah payung Pacific Cycle.



Simak Video "MRT Jakarta Alami Gangguan Operasional, Listrik Terputus"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)