3 Jenis Kamera Tilang Elektronik yang Bisa Kejar Pelanggar Lalulintas

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 16 Mar 2021 10:03 WIB
Program E-TLE oleh Kapolri Listyo Sigit bakal diterapkan di sejumlah daerah. Nah, di Jakarta ada lho CCTV yang rusak bahkan menghadap ke langit.
Kamera tilang elektronik akan ada yang portable, terpasang di helm atau tubuh petugas polisi (Rifkianto Nugroho/detikOto)
Jakarta -

Kamera-kamera tilang elektronik (ETLE) di wilayah DKI Jakarta buka cuma yang terpasang secara permanen di lokasi-lokasi sibuk. Ada juga kamera tilang elektronik yang bisa 'jalan-jalan' dan mengejar pelanggar lalulintas.

Diungkapkan Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya menyiapkan beberapa jenis kamera tilang elektronik. Yang utama adalah yang terpasang secara permanen di titik-titik yang merupakan pusat keramaian.

Tapi selain itu ada juga kamera tilang elektronik yang mobile, alias bisa bergerak, atau portable. Ada tiga jenis kamera tilang elektronik mobile atau portable yang disiapkan Polda Metro Jaya.

"ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) portabel ini kita masih taraf uji coba. Bentuknya bisa helmet cam, dash cam, dan bisa body cam. Kita berharap ini kemudian bisa langsung terhubung dengan database ranmor (kendaraan bermotor) dan juga terhubung dengan TMC," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Bareskrim Polri, Senin.

Di banyak negara maju, petugas kepolisian sudah dilengkapi dengan body cam. Rekaman video dari body cam ini kerap digunakan sebagai bukti penindakan.

Polisi Melakukan Sosialisasi Tilang Elektronik di Jawa TengahPolisi Melakukan Sosialisasi Tilang Elektronik di Jawa Tengah (Angling Adhitya Purbaya/detikOto)

Sambodo mengatakan kamera ETLE portabel tersebut nantinya merekam apa yang dihadapi oleh petugas di lapangan. Hal itu nantinya juga bakal menjadi bahan evaluasi serta alat bukti penindakan.

"Ketika kecelakaan lalu lantas dan berhadapan dengan pelanggar dia bisa nyalakan body cam sehingga ketika terjadi adu mulut dan sebagainya bisa terekam kamera dan terpantau di TMC," katanya.



Bukan sebatas penindakan pelanggaran laulintas. Kamera-kamera portable itu juga bakal digunakan untuk memantau situasi lalulintas serta dalam situasi khusus, misalnya unjuk rasa.

"Jadi situasi lalu lintas ketika terjadi unjuk rasa, anggota tinggal pasang body cam dan apa yang terjadi di unjuk rasa itu bisa langsung terpantau di Traffic Management Center yang ada di Polda," lanjut Sambodo dikutip dari Antara.

Berapa jumlah kamera tilang elektronik portable yang akan disiapkan Polda Metro Jaya? "Belum tahu (jumlah kamera ETLE portabel)," ucap Sambodo.

DKI Jakarta merupakan salah satu wilayah yang sudah memberlakukan tilang elektronik. Jelang penerapan secara nasional pada 23 Maret, Polda Metro Jaya memastikan akan menambah 41 kamera tilang elektronik di wilayahnya. Kamera-kamera tersebut terpasang di koridor bus TransJakarta.



Simak Video "Makin Canggih! Kamera ETLE Bakal Bisa Deteksi Retina"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)