Terpopuler Kemarin

Mobil Dihiasi Emas Batangan-Berlian Senilai Rp 40 M, Ribuan Avanza Di-recall

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 08 Mar 2021 11:43 WIB
Viral mobil diselipkan emas dan berlian
Foto: Dian Firmansyah/detikOto
Jakarta -

Kisah Toyota Yaris dihias dihias emas dan permata menjadi berita terpopule detikOto pada Minggu (7/3) kemarin. Juga soal recall ribuan Toyota Avanza yang terjadi di Malaysia.

Pekan lalu, sebuah mobil Yaris bernopol T-999-A mendadak menuri perhatian warganet. Viral di berbagai platform media sosial, sekujur body mobil tersebut menempel emas batangan hingga berlian.

Pemilik mobil unik tersebut bernama Sugandhi Natanegara, Warga Kampung Karokrok, Desa Jatiragas, Kecamatan Patokbeusi, Subang. Ia merupakan pemilik Panti Putra Galunggung yang berkegiatan rehabilitasi kejiwaan dan pecandu narkoba.

Menurut Encep Hasan Basri, orang kepercayaan si pemilik mobil, mobil tersebut di tempel emas perhiasan karena menyalurkan hobi.

Viral mobil diselipkan emas dan berlianViral mobil diselipkan emas dan berlian Foto: Dian Firmansyah/detikOto

"Saya jelaskan bahwa ini adalah hobi pribadi tidak mengangkut apa-apa apalagi melanggar peraturan, hobi ini sama dengan raja di Arab Saudi yang mengoleksi mobil emasnya, jadi seperti itu barangkali, ini mutlak hobi," ujar Encep mewakili pemilik yang enggan berkomentar.

Dilihat detikOto, bagian luar nampak perhiasan mulai dari berlian, batu akik, uang emas, koin hingga emas menempel di sekeliling mobil itu. Pemilik mobil mengaku tidak mengetahui jumlah pasti berlian, batu akik atau emas yang di tempel.

DetikOto melihat pengetesan berlian menggunakan alat diamond selector secara langsung, warna merah menyala ketika disuntikkan pada bagian luar berlian itu. Tidak hanya satu, sebanyak lima berlian di test dengan alat itu dan indikator berwarna merah menyala di semua berlian yang di test.

Viral mobil diselipkan emas dan berlianViral mobil diselipkan emas dan berlian Foto: Dian Firmansyah/detikOto

"Tadi sudah di tes, semua yang di tempel di sini mulai berlian, emas dan yang lainnya adalah asli, untuk berat dan jumlahnya saya enggak tau pasti," ungkapnya.

Selain bagian luar, bagian dalam Toyota Yaris itu pun dipenuhi dengan emas batangan. Di bagian dashboard emas batangan berjejer, bahkan di bagian karpet yang di injak pun di tempel emas batangan. Ribuan koin menumpuk di bagian jok.

"Emas ada yang 24 karat 23 karat, kalo diperkirakan semuanya mencapai lebih dari 40 Milyar," katanya.

[Halaman Berikutnya: Ribuan Toyota Avanza Di-recall]

Berita terpopuler lainnya adalah tentang recall terhadap Toyota Avanza. Tak tanggung-tanggung, yang direcall jumlahnya mencapai ribuan unit.

Dikutip dari Paultan, sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019 berpotensi mengalami kerusakan pompa bahan bakar. Program recall tersebut dilakukan oleh UMW Toyota Motor (UMWT) selaku agen pemegang merek Toyota di Malaysia.

Toyota Avanza yang masuk dalam daftar kampanye recall bisa mengalami berbagai kendala seperti pompa bahan bakar berhenti bekerja, peringatan pada panel instrumen berupa engine check akan menyala. Kerusakan itu membuat performa mesin akan terpengaruh, mobil akan sulit dihidupkan dan mesin bisa mati mendadak.

Special Service Campaign (SSC) ini merupakan perluasan dari kampanye sebelumnya. Recall kali ini disebut merupakan kelanjutan dari penarikan kembali fuel pump yang digelar Toyota Motor Corporation (TMC) secara global sejak tahun lalu. Tercatat lebih 5,84 juta kendaraan di seluruh dunia mengalami masalah yang sama.

Bagaimana dengan Avanza di Indonesia?

Saat dikonfirmasi Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra akan menjelaskannya dalam waktu dekat.

"Nanti di Daihatsu virtual press conference akan kita jelaskan ya, tanggal 18 atau 19 Maret," tutur wanita yang akrab disapa Amel, Minggu (7/3/2021).



Simak Video "Sudah Tahu Belum? Ini Lho Arti Kata Avanza-Xenia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)