Mobil Listrik Pertama Bentley Akan Dibuatkan oleh Audi

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 17 Des 2020 14:25 WIB
Logo Bentley
Ilustrasi logo Bentley Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bentley bersiap untuk merevolusi modelnya dengan elektrifikasi secara besar-besaran. Merek Inggris itu mengatakan seluruh jajarannya akan memiliki penggerak hybrid pada tahun 2025 sebelum menjadi mobil listrik sepenuhnya pada tahun 2030.

Bentley akan meluncurkan EV pertamanya pada tahun 2025 dalam bentuk sedan mewah. Apakah sedan ini akan menggunakan nama baru atau mengadopsi papan nama yang sudah ada seperti Bentley Flying Spur masih belum dapat dipastikan. Tetapi menurut Autocar satu hal yang pasti, mobil listrik pertamanya tidak akan dibuat oleh Bentley.

Mobil listrik pertama Bentley disebut dengan kode nama Project Artemis akan menggunakan arsitektur VW Group yang akan digunakan bersama dengan Audi e-tron GT 2021. Audi dilaporkan akan menyiapkan 'bahan-bahan' mobil itu sebelum dikirim ke Inggris untuk dirakit oleh Bentley.

"Kami mulai membangun di Crewe pada tahun 1936, dan kami telah menginvestasikan ratusan juta dalam infrastruktur dan sertifikasi untuk elektrifikasi, jadi kami memiliki kemampuan untuk melakukannya," kata ketua dan CEO Bentley, Adrian Hallmark.

"Tapi yang penting untuk diperhatikan adalah kami tetap harus kompetitif dan berjuang untuk memastikan konten semaksimal mungkin agar mobil kami dibuat di Crewe. Kami adalah bagian dari grup, jadi kami harus membuktikan bahwa kami adalah pilihan terbaik, tapi dari sudut pandang merek, itu adalah misi kami untuk memastikan semuanya dapat dibangun di sini," lanjutnya.

Hallmark mengakui bahwa EV pertama Bentley sebenarnya dibangun oleh Audi, kemungkinan besar di fasilitas Bollinger Hofe di Neckarsulm, Jerman. Itu adalah pabrik di mana Audi e-tron GT diproduksi.

"Ya, mungkin saja kami mendapatkan bodi yang sudah siap tanpa cat dan kemudian melakukan pekerjaan lainnya sampai ke trim dan interior, tetapi kami memiliki catatan bangga tentang nilai tambah yang luar biasa di situs ini. Hari ini, saya dapat mengatakan bahwa misi mobil ini adalah memilikinya di Crewe," katanya.

"Kami akan memiliki lebih banyak sinergi dalam lima hingga 10 tahun dengan Audi dalam hal kemewahan daripada yang kami lakukan sekarang dengan Porsche dalam aspek sporty. Bekerja dengan Audi adalah sebuah peluang, bukan risiko. Kami akan memiliki hubungan dengan merek saudara dan dengan senang hati melakukannya. Ini mengirimkan pesan yang kuat untuk masa depan Bentley bahwa kami adalah bagian strategis dari grup - bahwa kami menggetarkan dan mendorong ke depan," jelas Hallmark.

Jadi meskipun akan memiliki desain dasar dari Audi, Bentley tampaknya yakin bahwa EV pertamanya akan memenuhi harapan merek yang tinggi dan memiliki ciri khasnya sendiri.



Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)