Miras Dilarang, Ini Ancaman Hukuman Nyetir di Bawah Pengaruh Alkohol

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 14 Nov 2020 17:33 WIB
Tahan Kencing 18 Jam Usai Mabuk
Ilustrasi minumal beralkohol Foto: iStock/Storypick
Jakarta -

DPR membahas RUU Larangan Minuman Beralkohol. Sebelum RUU Larangan Minuman Beralkohol ini, undang-undang sudah tegas melarang peminum minuman keras (miras) untuk mengemudi kendaraan bermotor.

Di Indonesia dan di banyak negara lain juga telah melarang orang yang terpengaruh minuman beralkohol untuk mengemudi kendaraan bermotor. Sebab, mengemudi di bawah pengaruh alkohol risikonya sangat besar. Bahkan tak jarang hingga menimbulkan kecelakaan.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 106 menegaskan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Jika melanggar ketentuan tersebut, sanksi pidana atau denda maksimal sudah ditentukan. Dalam Pasal 283 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Penyakit yang membuat mabuk karena makan rotiPenyakit yang membuat mabuk karena makan roti Foto: iStock

Instruktur keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs, Erreza Hardian menjelaskan bahwa berkendara dalam kondisi mabuk terkena pengaruh miras merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai Impaired Driving.

"Impaired Driving adalah kondisi mengemudi di bawah pengaruh alkohol (miras) bahkan obat-obatan, akan punya ciri penglihatan kurang, sulit konsentrasi serta refleks sangat buruk," kata dia saat dihubungi detikcom beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut, efek alkohol pada otak dapat menyebabkan seseorang lambat bereaksi, dan mengalami penurunan penglihatan. Meski, tergantung jumlah yang dikonsumsi.



Simak Video "Sanksi Bui 2 Tahun dan Poin Penting di RUU Larangan Minuman Beralkohol"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)