3 Rute Baru Transjakarta Gratis Sementara, Mulai Hari Ini

Tim Detikcom - detikOto
Selasa, 10 Nov 2020 16:35 WIB
Pelanggan sudah bisa menggunakan halte Bundaran HI sudah bisa langsung mengakses ke halte. Sebelumnya untuk mengakses halte, harus menggunakan tangga bawah tanah dari stasiun MRT. Jakarta, Senin (19/10/2020). CNN Indonesia/Andry Novelino
Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Jakarta -

Transjakarta akan membuka tiga rute baru. Masih dalam tahap ujicoba, rute-rute anyar tersebut untuk sementara waktu tidak akan dipungut bayaran, alias gratis.

Tiga rute baru Transjakarta yang akan digratiskan tarifnya adalah yang memiliki kode layanan TR1, TR2, dan A10. Ujicoba akan dilakukan selama dua pekan, terhitung dimulai dari hari ini, Selasa (10/11).

Dikutip dari akun Instagram Transjakarta (@pt_transjakarta), meski gratis, untuk Transjakarta kode layanan TR1 dan TR2 harus tetap melakukan tap in dan tap out saat masuk dan keluar bus. Nantinya kedua rute tersebut akan dikenakan tarif Rp 3.500 saat sudah beroperasi.

TR1 dan TR2 dapat digunakan dengan tarif Rp 0 namun tetap dengan tap in dan tap out menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) dan akan berlaku tarif Rp 3.500 setelah selesai masa uji coba

Sementara pada kode layanan 10A, bisa digunakkan dengan memakai kartu Jak Lingko.

[Gambas:Instagram]



Sama seperti armada Transjakarta yang melayani rute lain, ketiga rute baru ini memiliki jam operasionl 05.00 sampai 22.00 WIB.

Kode pelayanan TR1 menghubungkan Gondangdia ke Senen. Sementara TR2 dari Gondangdi ke Balaikota, dan TR3 dari Gondangdia menuju Cikini.

Masih dalam PSBB Transisi di DKI Jakarta, Transjakarta membatasi jumlah penumpang hanya 60 orang untuk bus gandeng dan 30 orang untuk bus besar. Pelanggan yang menggunakan layanan Transjakarta diminta terus menjaga protokol kesehatan, seperti kewajiban memakai masker,menjaga jarak, mematuhi aturan yang berlaku, dan berderet di ruang terbuka ketimbang di dalam bus.

"Para pelanggan diharapkan tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta mematuhi aturan yang berlaku yang dapat juga dilihat pada gambar di atas guna mencegah penyebaran Covid - 19. Manfaatkan juga promo cashback 50% dari @linkaja untuk pembelian tiket QR Transjakarta melalui aplikasi tije (syarat dan ketentuan berlaku bit.ly/cashbacknov).



Simak Video "Menengok Lokasi 'Jagal' Bus TransJakarta Sebelum Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)