Tahun 2020 Hampir Usai, Honda Nggak Punya Mobil Baru di Indonesia?

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 19 Okt 2020 18:58 WIB
Enggan tertinggal oleh rivalnya, Honda Prospect Motor (HPM) ikut permak Honda Mobilio. Beberapa sektor mendapat penyempurnaan sehingga lebih modern.
Honda tanpa produk baru di Indonesia sepanjang tahun 2020 ini. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ada banyak cara yang dilakukan pabrikan otomotif untuk merangsang pasar. Mulai dari program pembelian, kegiatan-kegiatan virtual ala new normal, sampai memberikan penyegaran produk.

Strategi terakhir tampaknya tak terlalu dihiraukan oleh Honda di Indonesia. Sampai bulan Oktober 2020 ini Honda masih menjajakan wajah-wajah lama yang ada di etalase penjualannya.

Dalam sebuah sesi tanya jawab, para awak media mempertanyakan bagaimana penyegaran produk-produk Honda saat ini. Mulai dari Honda C-RV, Brio, B-RV, Mobilio, Jazz, dan lainnya.

"Hyrid kita pertimbangkan model apakah yang cocok dengan konsumen. Itu kita pelajari terus, yang penting cocok untuk kebutuhan konsumen," jawab Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy dalam dalam Wawancara Virtual Update Penjualan PT HPM Semester Kedua, Senin (19/10/2020).

Jawaban tersebut tak jauh berbeda ketika ditanyai dengan produk-produk Honda lainnya. Yusak belum mau memberikan kepastian terhadap rencana produknya kepada publik. Ia lebih berhati-hati apalagi di kondisi sulit ini ketika memutuskan untuk meluncurkan mobil baru.

"Mengenai waktu peluncuran kita lihat kondisi pasar seperti apa jadi belum bisa disebutkan kapan mengalami penyegaran. Pasar bagaimana kebutuhannya, konsumen seperti apa. Kapan dia akan refresh kami pelajari terus, kalau waktunya ada pasti akan segera kita beritahukan," lanjut Yusak.

Walaupun tak punya produk baru, Honda memang ikut tren positif pemulihan pasar mobil Indonesia juga. Pada September lalu penjualan mobil secara retail atau dari dealer ke konsumen tercatat sebanyak 5.835 unit. Angka itu meningkat 20% dibanding bulan sebelumnya.

Penjualan mobil Honda didominasi oleh model Honda Brio dengan angka penjualan sebanyak 3.622 unit. Honda Brio Satya menjadi model dengan penjualan tertinggi bagi Honda dengan total 2.507 unit, meningkat 33% dibanding bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan Honda Brio RS juga meningkat sebesar 80% dari 621 unit menjadi 1.115 unit di bulan September lalu.

Secara total, penjualan Honda di tahun ini (Januari-September) terdata sebanyak 55.548 unit.



Simak Video "Keren Banget! Honda CB1000R 2021 Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)