Edan! Hyundai Kona Electric Spek Balap Ini Punya Power 800 dk

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 05 Okt 2020 09:39 WIB
Hyundai Kona Electric spek balap
Hyundai Kona Electric spek balap. Foto: Rushlane
Jakarta -

Tidak hanya dijual untuk konsumen umum, Hyundai Kona electric juga siap memasuki arena balap reli. Tim balap asal Selandia Baru, Paddon Rallysport mengoprek mobil listrik Korea Selatan itu, sehingga mampu menghasilkan tenaga yang buas sampai tembus 800 dk. Seperti apa spesifikasinya?

Seperti dikutip dari Rushlane, pengembangan Hyundai Kona electric untuk balap reli telah dilakukan sejak tahun lalu dan direncanakan mengikuti kejuaraan reli Selandia Baru tahun 2021. Mobil balap ini bakal diuji coba oleh pebalap reli Paddon Rallysport pada bulan Desember 2020.

Spesifikasi Kona Electric versi reli dikembangkan bersama oleh Hyundai Selandia Baru dan Paddon Rallysport, dengan bantuan dari Yes Power, University of Canterbury dan tim motorsport Austria (STARD), yang juga membuat kendaraan rallycross dari mobil listrik.

Pada awal pembuatan Kona electric spek reli, mobil itu dibongkar seluruhnya dan dirakit ulang untuk membentuk mobil listrik versi balap yang diinginkan. Proses penggarapan mobil ini sempat lama tertunda pada bulan April dan Mei lantaran pandemi COVID-19 yang melanda. Kini pembuatan mobil balap itu bisa dilanjutkan dan terus dikebut supaya bisa diuji coba akhir tahun ini.

Kona electric spek reli bakal menggunakan bodykit berbahan karbon yang ringan. Selain itu, mobil ini juga menggunakan sasis baru yang lebih kuat juga rollbar untuk perangkat safety tambahan.

Yang menarik dari mobil ini tentunya ada di bagian powertrain yang dikustomisasi ulang, dengan empat paket baterai dan motor listrik ganda yang bisa menghasilkan tenaga hingga 608 dk. Tenaga itu bahkan bisa melonjak hingga 811 dk jika mobil digunakan untuk trek pendek dan jalanan menanjak.



Simak Video "Mobil SUV Bertenaga Listrik untuk Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)