Rabu, 16 Sep 2020 20:20 WIB

Dijuluki Tank Swedia, Mahal Nggak Sih Merawat Volvo Tua?

Ridwan Arifin - detikOto
Fortuner-Volvo terlibat kecelakaan lalu lintas Merawat volvo tua, apakah merepotkan? Foto: Istimewa
Jakarta -

Mobil bermerek Volvo dikenal dengan kekuatan bodi dan rangkanya. Bahkan saking kuatnya, Volvo dijuluki sebagai Tank Swedia. Terbaru, Volvo 960 tahun 1997 tidak mengalami kerusakan berarti, padahal SUV yang menabrak 'bokong' mobil itu rusak lumayan parah.

Volvo milik Bramedi Putra tampak tidak mengalami kerusakan serius. Rangkanya masih utuh tidak ada pergeseran. Bentuk mobil pun masih bisa terlihat jelas dan utuh.

Lalu bagi pecinta otomotif yang tertarik meminang mobil ini, bagaimanakah dengan perawatannya? Apakah sparepart mudah didapat dan harganya mahal?

"Kalau orang-orang kan selama ini bilang Volvo selama ini sparepart-nya mahal. Ya, mahal memang kalau dibandingkan dengan mobil Eropa lainnya seperti Mercedes Benz, BMW. Volvo itu tergolong paling mahal," ungkap Bramedi Putra saat dihubungi detikcom, Selasa (15/9).

"Tapi emang saya selama ini pakai Volvo, simple-nya itu kayak (contoh) bagian rem Volvo itu kan benar-benar presisi banget ya. Itu kita ganti sekali mahal tapi untuk puluhan tahun."

"Jadi orang-orang yang baru main Volvo (masalah terus-Red) mungkin dia salah dapat Volvo aja. Jadi bukan dapat Volvo bekas, tapi bekas Volvo," canda dia.

Zefanya Bagus Sunaryo Aritonang salah satu pengguna Volvo lain yang sempat viral saat terlibat kecelakaan truk terguling di rest area KM 97 jalur B jalan Tol Cipularang awal tahun lalu. Ia juga mengatakan bahwa untuk spare part mobil asal Swedia ini cukup sulit ditemukan.

"Sepengalaman saya memiliki Volvo, tidak terlalu merepotkan, namun memang untuk mencari part cukup sulit, karena mobil ini populasinya tidak banyak," kata Bagus.

Menurut Bagus, di kota besar seperti Jakarta saja toko spare part yang menyediakan suku cadang Volvo hanya segelintir. Itu pun kondisinya tidak selalu siap dan agak mahal. Jadi ujung-ujungnya harus impor sendiri.

"Sementara untuk bengkel mobil saya selalu saya percayakan ke Tiga Putra Motor Volvo yang dinaungi Kang Jajang," ujar Bagus.

Selain mengimpor secara mandiri dan menyerahkan perawatan ke bengkel spesialis Volvo, Bagus juga menyebut bahwa komunitas adalah salah satu solusinya.

"Saya gabung di grup S/XC Series, yang para membernya punya keahlian masing-masing dalam merawat Volvo," lanjutnya lagi.

"Intinya jangan takut pakai Volvo karena mobil ini cukup reliable untuk digunakan sehari hari. Buat saya Volvo for life sesuai slogan Volvo itu sendiri," pungkasnya.



Simak Video "Perpisahan Dubes Swedia dan Penyerahan Bus Volvo untuk TransJ "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com