Jumat, 07 Agu 2020 10:54 WIB

Iklan Audi Dianggap Pelecehan Seksual Pada Anak-anak

Rizki Pratama - detikOto
Iklan Audi RS4 Avant dikritik. Iklan Audi dikritik warga Twitter. Foto: Twitter: @Audiofficial
Jakarta -

Divisi iklan Grup Volkswagen kembali diserang setelah meluncurkan foto komersil anak perusahaannya, Audi. Video itu menuai kritik lantaran dianggap menampilkan seksualitas terhadap anak kecil.

Iklan berbentuk foto ini disebarkan melalui media sosial Twitter pada minggu lalu. Foto tersebut memperlihatkan balita perempuan memakan pisang sambil bersandar di depan mobil Audi RS4 Avant. Iklan itu diiringi dengan pesan 'biarkan jantungmu berdegup kencang - di setiap aspek'.

Meskipun iklan itu tampaknya tidak berbahaya, ternyata warga internet terpicu untuk mengkritiknya. Beberapa pengguna menilai foto itu memunculkan pesan sugestif secara seksual. Beberapa orang ada yang membela iklan itu. Ia mengatakan bahwa orang yang melihat foto ini secara seksual sebaiknya mengunjungi psikiater.

Beberapa orang lain ada pula yang mengkritik penempatan anak-anak di depan mobil. Ada yang menganggap ini berbahaya karena pengemudi bisa saja tak melihat dan melindas bocah tak berdosa itu.

Menanggapi respon di Twitter, Audi pun segera mengucapkan pernyataan maaf. Dalam serangkaian tweet perusahaan itu juga menegaskan bahwa mereka peduli terhadap anak-anak. Alasan menampilkan anak kecil dalam foto itu karena mobil tersebut merupakan mobil keluarga, oleh karena itu merek menyandingkan mobil dengan berbagai anggota keluarga.

"Kami mendengarkan Anda dan mari kita selesaikan ini: Kami peduli pada anak-anak. Audi RS 4 adalah mobil keluarga dengan lebih dari tiga puluh sistem bantuan pengemudi termasuk sistem istirahat darurat. Itu sebabnya kami memamerkannya dengan berbagai anggota keluarga untuk kampanye," tulis akun resmi Audi, @Audiofficial.

Seperti dilansir BBC, Audi itu terus mengatakan bahwa iklan itu sebagai kesalahan dan dengan tulus meminta maaf atas gambar yang tidak elok ini. Audi juga berjanji akan melakukan peninjauan dan evaluasi internal untuk melihat bagaimana kampanye itu dibuat.

Kritikan terhadap kampanye komersil ini juga pernah menyerang Volkswagen. Kala itu mobil yag terlibat adalah Volkswagen Golf 2020 karena dianggap rasis. Dalam video itu, tangan putih memperlakukan orang kulit hitam sebagai boneka dan akhirnya menjentikkannya ke sebuah restoran bernama 'Petit Colon' yang diterjemahkan menjadi 'koloni kecil'. Selain itu tagline 'Der Neue Golf' memudar sedemikian rupa sehingga dieja 'neger' yang merupakan "padanan kata Jerman dari kata-'n'.





Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com