Sabtu, 01 Agu 2020 12:30 WIB

Mewahnya Kabin Pesawat untuk Jalan-jalan ke Luar Angkasa

Doni Wahyudi - detikOto
Virgin Galactic Begini kabin pesawat untuk perjalanan ke luar angkasa (dok Virgin Galactic)
Jakarta -

Virgin Galactic makin dekat dengan target mengirim turis ke luar angkasa. Belum lama ini mereka memamerkan isi kabin pesawat SpaceShipTwo yang super mewah dan juga modern.

Rencana Virgin Galactic mengadakan traveling ke luar angkasa sudah lama dicanangkan. Pesawat SpaceShipTwo yang akan mengangkut penumpang keluar dari Bumi malah sudah diuji coba beberapa kali.

Kabar terbaru malah menyebut SpaceShipTwo tak lama lagi akan dapat izin dari Federal Aviation Administration (FAA, otoritas penerbangan Amerika Serikat). Itu artinya, dalam waktu dekat Virgin Galactic sudah akan bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Virgin GalacticInterior Virgin Galactic Foto: (dok Virgin Galactic)

Nah, terkait dengan itu Virgin Galactic belum lama ini memamerkan bagaimana jeroan pesawat yang nantinya akan membawa turis ke luar angkasa.

Seperti sering terlihat di film-film penjelahan luar angkasa, seperti itulah tampak kabin SpaceShipTwo. Terlihat dua baris kursi yang punya desain futuristis.

Karena perjalanan ke luar angkasa bukan traveling biasa-biasa saja, SpaceShipTwo dilengkapi banyak kaca. Ini tentunya dibuat supaya penumpang bisa merasakan dan melihat langsung sensasi melesat meninggalkan bumi menuju ruang tak berujung di luar angkasa.

Selayaknya mobil, setiap kursi dilengkapi dengan jendela di sisinya. Jendela bundar berukuran besar itu juga terdapat di sisi kepala setiap penumpang.

Virgin GalacticVirgin Galactic Foto: (dok Virgin Galactic)

Kabin pesaawat ini akan mampu menampung enam penumpang dan dua pilot. Saat sudah dioperasikan nanti, SpaceShipTwo akan 'ditumpangkan' ke pesawat lain yang diberi nama WhiteKnightTwo. Setelah sampai pada ketinggian 15.000 meter, SpaceShipTwo akan memisahkan diri dan meluncur ke luar angkasa menggunakan roket.

"Kami harap data yang kami dapatkan dari penerbangan (tes) selanjutnya - mungkin satu atau dua penerbangan lagi - bisa memberi kami data terakhir yang kami butuhkan sehingga lebih jelas buat kami memulai izin penerbangan," George Whitesides, kepala penerbangan luar angkasa Virgin Galactic.

Virgin GalacticVirgin Galactic Foto: (dok Virgin Galactic)

"Sampai saat ini diklaim sudah ada 600 orang yang mem-booking kursi pesawat untuk melakukan penerbangan ke luar angkasa. Satu lembar tiket untuk penerbangan meninggalkan Bumi menuju gelapnya luar angkasa dihargai US$ 250.000. Itu setara dengan Rp 3,6 miliar.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com