Selasa, 21 Jul 2020 08:03 WIB

Ada Pertalite Seharga Premium, Bagaimana Respons Masyarakat?

Tim detikcom - detikOto
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom. Pertalite. Foto: Hasan Al Habshy
Denpasar -

Di Bali, Pertamina menawarkan promo harga murah untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Di Denpasar, Bali, harga Pertalite dikorting menjadi setara harga Premium. Bagaimana respons masyarakat setelah Pertalite didiskon?

Pertamina mengklaim memang banyak masyarakat Bali yang beralih menggunakan BBM Perta Series (Pertalite dan Pertamax). Hal itu terbukti dari meningkatnya konsumsi BBM Perta Series.

Disebutkan dalam siaran persnya, rata-rata konsumsi harian Pertalite di Denpasar tercatat meningkat menjadi 415 kiloliter (kl) per hari atau naik 92%. Sebelumnya, rata-rata konsumsi harian Pertalite sepanjang Bulan Juni 2020 sebanyak 216 kl per hari.

Tapi, menurut Rustam Aji, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR V, kenaikan konsumsi Pertalite itu bukan hanya karena promo Pertalite seharga Premium.

"Peningkatan bukan karena adanya harga promo, melainkan dari rata-rata 415 kl per hari tersebut, proporsi Pertalite harga khusus hanya sekitar sepertiga, atau 139 kl per hari. Sedangkan mayoritas adalah Pertalite dengan harga normal," kata Rustam.

Diberitakan detikcom sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan harga Rp 6.450/liter pada 50 SPBU. Biasanya Pertalite dijual dengan harga Rp 7.650/liter, namun harganya jadi setara Premium.

Penurunan harga ini merupakan promo yang dilakukan Pertamina di 50 titik SPBU yang ada di wilayah Denpasar, Bali. Promo ini digelar sejak tanggal 5 Juli sampai 31 Agustus 2020.

Selain Pertalite, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus juga mencatatkan peningkatan konsumsi Pertamax di Denpasar sebesar 31 persen. Selama Juni 2020, rata-rata harian pembelian Pertamax sebesar 72 kl per hari, namun dalam dua pekan ini, konsumsi harian Pertamax meningkat menjadi 94 kl per hari.

"Peningkatan tersebut memberikan gambaran bahwa masyarakat ingin berperan serta untuk memberikan sesuatu yang lebih baik dengan beralih dan memilih menggunakan produk BBM berkualitas dan rendah emisi," tambah Rustam.



Simak Video "Dear Pertamina, Mulan Jameela Usul Harga Pertamax Setara Premium"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com