Jumat, 17 Jul 2020 12:04 WIB

Fiat Chrysler dan Peugeot Merger, Ganti Nama Jadi Stellantis

Rizki Pratama - detikOto
FCA dan PSA mengumumkan nama perusahaan gabungan mereka. Nama perusahaan hasil gabungan FCA dan PSA. Foto: Carscoop
Jakarta -

Perusahaan gabungan mobil Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Peugeot S.A. (Groupe PSA) terus memperdalam hubungannya hingga kini mengumumkan nama dari entitas perusahaan yang baru. Nama gabungan kedua perusahaan tersebut adalah Stellantis, berasal dari bahasa latin 'stello' yang artinya menerangi dengan bintang.

Melalui pernyataannya, perusahaan itu menjelaskan visi dari nama baru tersebut.

"Keselarasan dan ambisi baru dari merek otomotif berkelas dan budaya perusahaan yang kuat yang bersama-sama menciptakan salah satu pemimpin baru di era mobilitas berikutnya sementara pada saat yang sama menjaga semua nilai luar biasa dan nilai-nilai dari bagian-bagian penyusunnya," tulis pernyataannya.

Menurut pengumuman Stellantis, manajemen senior dari kedua perusahaan terlibat dalam membuat dan menentukan nama baru perusahaan mereka. Perusahaan periklanan dan humas Perancis Publicis Groupe juga turut menjadi konsultan tentang keputusan tersebut. Langkah selanjutnya adalah membuat logo untuk bisnis.

Nama Stellantis ini tidak akan menjadi emblem baru pada produk dari PSA dan FCA. Stelantis murni sebagai nama sebuah korporasi yang mewadahi gabungan kedua perusahaan tersebut.

FCA dan PSA (sekarang Stellantis) menyelesaikan rencana merger mereka pada Desember 2019. Segala syarat dan ketentuan merger ini dikatakan akan rampung pada awal 2021.

Sebagai pimpinan Stellantis, Chief Executive Officer PSA saat ini Carlos Tavares akan memegang kendali sebagai CEO Stellantis dalam periode lima tahun pertama.

Stellantis digadang akan menjadi pembuat mobil terbesar ke-empat di dunia dengan penjualan tahunan sekitar 8,7 juta unit kendaraan. Ada 13 merek mobil yang bernaung di bawah Stellantis.

Stellantis berencana menciptakan dua platform yang akan menopang lebih dari dua pertiga model mereknya. Berbagi teknologi secara luas akan membantu menghemat biaya melalui skala ekonomi.



Simak Video "Peugeot dan Fiat Merger, Jadi Produsen Mobil Terbesar ke-4 Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com