Rabu, 08 Jul 2020 13:10 WIB

Nekat Jarah Truk Tangki BBM yang Terguling, 11 Orang Tewas Terbakar

Luthfi Anshori - detikOto
Truk tangki bahan bakar meledak di jalanan Kolombia Truk tangki bahan bakar meledak di Kolombia. (Istimewa)
Magdalena -

Sebuah truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) meledak di jalan raya di Kolombia. Peristiwa ini sedikitnya menewaskan 11 orang dan mengakibatkan 52 orang luka-luka.

Dikutip dari Dailymail sebagaimana diberitakan Kolombia Noticias RCN, insiden kecelakaan ini terjadi pada hari Senin (6/7) pagi di sebuah jalan raya di Magdalena, Kolombia.

Kronologinya, pengemudi truk tangki bbm bernama Manuel Cataño kehilangan kendali atas kendaraannya yang membawa 5.000 galon bahan bakar. Truk itu lalu terbalik dan berhenti di samping lapangan rumput.

Dalam penjelasannya, Cataño mengatakan ia dapat keluar dari kabin truk tanpa bantuan, sebelum seorang pria datang dengan sepeda motornya dan membantu memeriksa kondisinya.

Tapi tak disangka-sangka, dalam beberapa menit setelah peristiwa itu, warga dari sekitar lokasi kejadian tersebut berbondong-bondong muncul dengan wadah besar untuk mengambil ceceran minyak dari tangki secara ilegal.

"Saya memberi tahu mereka, ini premium, bensin premium, benda itu bisa terbakar," kata Cataño, yang awalnya mengira kerumunan besar itu hadir untuk membantunya.

Bukannya mengindahkan peringatan Cataño, kerumunan warga tersebut justru memperingatkan Cataño agar tidak terlibat dalam aksi penjarahan tersebut. Mereka kemudian membongkar paksa keran tangki tersebut untuk mengambil bensin secara ilegal.

Tak lama kemudian petugas polisi tiba di lokasi kejadian perkara. Namun jumlah polisi itu tidak sebanding dengan kerumunan masa yang hadir. Data polisi mengatakan setidaknya 120 orang hadir dan berkerumun di tempat kejadian.

Tangki BBM pun meledak tiba-tiba. Saat momen itu terjadi, Cataño sudah dalam jarak aman dan dia memalingkan punggungnya dari truk dan merasakan dampak ledakan dahsyat tersebut. Sementara beberapa korban lain tampak berlarian mencari bala bantuan, dengan badan yang dilalap api.

Ada 19 pasien yang mengalami luka bakar parah dan dipindahkan ke ibukota Bogotá untuk perawatan intensif, sementara sisanya dirawat di kota Ciénaga, Santa Marta, Barranquilla dan Valledupar.



Simak Video "Detik-detik Truk Tangki Meledak Saat Warga Berebut BBM"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com