Sabtu, 04 Jul 2020 17:00 WIB

Diam-diam Suzuki Kembangkan Motor Hybrid

Rizki Pratama - detikOto
Suzuki patenkan rancangan motor listriknya Konsep motor listrik Suzuki. Foto: Visordown
Jakarta -

Dalam peralihan ke elektrifikasi, mobil memiliki jembatan berupa hybrid. Ternyata produsen motor tampaknya juga akan mencoba langkah ini, alih-alih langsung lompat ke motor listrik sepenuhnya.

Hal ini terlihat ketika gambar paten rancangan motor Suzuki yang terbaru bocor. Metode konstruksi alternatif terlihat dalam gambar menunjukkan mesin pembakaran internal kecil yang bersarang di tempat baterai.

Konfigurasi ini dapat diidentifikasi motor ini adalah hybrid alias bisa melaju dengan tenaga fosil dan atau listrik. Di rancangan ini mesin bensin bertindak sebagai generator untuk motor listrik dan tidak menggerakkan roda secara langsung.

Selain hybrid ada juga rancangan motor listrik yang menarik dengan desain modular. Dalam mode sepenuhnya listrik, motor ini memiliki paket baterai besar yang terletak di mana mesin pembakaran internal biasanya berada.

Walaupun gambar-gambar tersebut tidak memberi indikasi yang jelas mengenai bagaimana rancangan ini bekerja, yang pasti Suzuki sangat serius. Keduanya dipastikan akan masuk dalam jalur produksi.

Sayangnya kita mungkin harus menunggu waktu lama untuk melihat rancangan ini menjadi nyata. Melihat hampir semua pameran batal tahun ini, Suzuki kemungkinan akan siap memperkenalkan versi konsepnya tahun depan.

Bicara soal desain, paten ini lebih menggunakan bentuk dasar kaku dari sebuah motor. Sehingga bisa saja tampilannya saat diproduksi akan jauh berbeda.

Paten ini sekaligus menjawab bahwa Suzuki tidak sekedar memberikan isapan jempol belaka kala ditanya rencananya terhadap elektrifikasi. Sampai saat ini Suzuki memang sama sekali belum memiliki model produksi bertenaga listrik.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com