Kamis, 02 Jul 2020 21:15 WIB

Para Sultan Merapat, Ini 5 Sepeda yang Diracik Pabrikan Mobil Mewah

Ridwan Arifin - detikOto
Sepeda Aston Martin Sepeda buatan pabrik mobil mewah Foto: Aston Martin
Jakarta -

Sepeda kini menjadi tren di masa pandemi Corona. Tapi garis tarik ke belakang, sepeda bukan hal baru di dunia otomotif.

Beberapa pabrikan mobil mewah dari Mercedes-Benz hingga Ferrari pernah membangun sepeda secara ekslusif dengan unit yang terbatas. Oke, berikut ulasannya.

1. Ferrari

Ferrari baru saja melego satu unit SF-01 yang hanya dibuat 12 unit di dunia. Ferrari bekerja sama dengan Bianchi--merek sepeda ikonik asal Italia--untuk membangun sepeda ini. SF01 dibuat spesial karena benda ini dibuat untuk merayakan 120 tahun kelahiran Enzo Ferrari pada Februari 2020.

SF01 ini punya rangka super-ringan, hanya 780 gram atau kurang dari 1 kg, yang dilengkapi sistem Bianchi CV. Seluruhnya menggunakan bahan karbon Countervail®, yang diklaim bisa menghilangkan 80 persen getaran dan memaksimalkan kontrol pengendara. Plus Bianchi menjamin dengan garansi 5 tahun.

Sepeda Ferrari SF-01Sepeda Ferrari SF-01 Foto: Ferrari

Secara eksklusif, SF01 dijual melalui Scuderia Ferrari Online Store dengan banderol USD 18.600 (bila dikonversi setara dengan Rp 268,5 juta). Meski dibanderol setara dengan harga satu unit LMPV di Indonesia, 12 unit sepeda kolaborasi Ferrari dan Bianchi ini sudah ludes terjual.

2. Lamborghini

Pun demikian dengan kompetitornya, banteng Italia Lamborghini pernah menjual sepeda ekslusif yang diproduksi terbatas.

Salah satu sepeda yang diproduksi pada 2013 lalu memperingati 50 tahun Lamborghini. Sepeda kelir kuning itu merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan sepeda BMC -merek asal Swiss- yang hanya dibuat sebanyak 50 unit di seluruh dunia.

Sepeda Lamborghini BMCSepeda Lamborghini BMC Foto: Sepeda Lamborghini BMC

Rangkanya terbuat karbon LSW dengan menggunakan Groupset dari Campagnolo Super Record. Plus, jok kulitnya menggunakan bahan yang sama dengan Lamborghini Aventador. Sepeda ini memiliki total bobot hanya 6,85 kilogram.

Menyoal harga, sepeda ini tembus diharga USD 32 ribu atau berkisar diharga Rp 450 jutaan saat peluncuran.

3. Aston Martin

Tak ketinggalan, produsen mobil mewah asal Inggris, Aston Martin. Pada 2017 silam, Aston Martin berkolaborasi dengan perusahaan sepeda terkenal Storck untuk membesiut sepeda yang bernama Storck Fascernario 3 Aston Martin Edition.

Sepeda Aston MartinSepeda Aston Martin Foto: Aston Martin

Pun pada rangkanya menggunakan serat karbon dengan bobot 770 gram, setelah dirakit sepeda ini hanya memiliki bobot 5,9 kilogram. Sepeda mewah ini hanya dibuat 107 unit di dunia, pun harganya tidak main-main dibanderol sekitar 15 ribu Poundsterling atau di atas Rp 250 juta.

4. Mercedes-Benz

Pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz juga menelurkan sepeda. Pada 2018 silam, Mercedes-Benz bekerja sama dengan Argon 18 -produsen sepeda asal Kanada-. Sepeda ini menggunakan lambang khas Mercedes-Benz baluran silver pada rangka dan gradasi silver-black pada sadel dan pegas. Pun bobot sepeda ringan sebab rangka terbuat dari karbon. Sayang, tidak diinformasikan harga dari sepeda ini.

Sepeda Mercedes-BenzSepeda Mercedes-Benz Foto: Mercedes-Benz

5. Bugatti

Bugatti pun tak ketinggalan, perusahaan asal Perancis ini juga melahirkan sepeda yang berkolaborasi dengan PG (Pimpgarage) --perusahaan asal Jerman-- untuk membuat bobot sepeda kurang dari 5 kg. Seluruh rangka dan garpu, pelek, kursi, pedal, dan rem semuanya dibuat seringan mungkin dengan bahan karbon.

Sepeda BugattiSepeda Bugatti Foto: Bugatti

Mengutip Telegraph, sepeda dijual mulai dari 39 ribu Poundsterling (Rp 709 juta) hingga 69 ribu Poundsterling (Rp 1,2 miliar) tergantung kostumisasi pesanan konsumen.



Simak Video "Canggih! Kakek di Bekasi Ciptakan Sepeda Listrik Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com