Kamis, 02 Jul 2020 16:43 WIB

2,1 Juta Mobil Volvo Ditarik karena Masalah Sabuk Pengaman

Rizki Pratama - detikOto
Baru saja diluncurkan, sedan kelas menengah Volvo S60 terbaru langsung menjadi perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, selain mobil ini adalah yang pertama kali dijual tanpa opsi mesin diesel, harganya dinilai sangat menggoda. Volvo S60. Foto: Volvo
Jakarta -

Volvo Rabu (1/7/2020) mengumumkan bahwa sekitar 2,1 juta produknya di seluruh dunia akan ditarik. Penarikan ini merupakan upaya antisipasi risiko ketika Volvo menemukan bahwa kawat baja yang terhubung ke sabuk pengaman depan mengalami keausan.

Juru bicara Volvo mengatakan ini adalah masalah yang sangat langka. Ia menambahkan bahwa masalah ini dapat mengurangi perlindungan yang diberikan oleh sabuk pengaman.

"Kami telah melihat bahwa kawat ini dapat mengalami keausan dalam kondisi khusus, mengurangi perlindungan sabuk pengaman. Ini adalah masalah yang sangat langka," katanya seperti dilansirkan oleh Reuters.

Pabrik mobil asal Swedia ini mengatakan model yang terdampak adalah Volvo S60, S60L, S60CC, V60, V60CC, XC60, V70, XC70, S80 dan S80L yang diproduksi antara 2006 dan 2019. Sementara itu model-model terbaru dikatakan tak berpengaruh terhadap masalah ini.

Volvo mengatakan bahwa ini adalah penarikan terbesar yang pernah mereka lakukan. Meski kasusnya banyak, sampai saat ini belum ada laporan kecelakaan atau keluhan dari masalah terkait.

Baru-baru ini Volvo berupaya untuk menciptakan citra merek yang sangat peduli dengan keselamatan jiwa. Berbagai teknologinya difokuskan ke sana saat ini.

Bahkan saking tidak inginnya ada kecelakaan di jalan, Volvo berkomitmen tak lagi membuat mobil dengan kecepatan melebihi 180 km/jam.

Sederhananya, Volvo ingin dunia akhirnya mulai menganggap ngebut dengan sesuatu yang serius dan mengubah perilaku serta sikap pengemudi secara keseluruhan. Namun, perlu ada keseimbangan antara kebebasan bergerak dan keselamatan.

Batas kecepatan adalah langkah pertama untuk melihat apa yang dimaksud dengan kecepatan aman dan bagaimana kami membantu Anda mempertahankannya," ujar kepala Volvo Cars Safety Center, Malin Ekholm kepada Autocar dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com