Jumat, 26 Jun 2020 18:30 WIB

Mana Motor Listrikmu, Suzuki?

Rizki Pratama - detikOto
Suzuki Saluto 125 Suzuki Saluto 125. Foto: Moto7.net
Jakarta -

Kuartet pabrikan motor Jepang, Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki selalu berlomba-lomba mendominasi pasar dengan inovasinya. Namun, dalam urusan elektrifikasi Suzuki masih belum mengambil langkahnya.

Wakil Presiden Pemasaran dan Penjualan Suzuki India, Devashish Handa, melontarkan komentar tentang rencana Suzuki untuk sepeda motor listrik. Tentu saja Suzuki pasti sedang mengembangkan motor listrik, akan tetapi merek motor berlogo S ini seakan-akan tidak terlihat peduli dengan motor listrik.

Handa mengatakan Suzuki belum siap memasuki pasar motor listrik lantaran penjualannya belum stabil.

"Kami mengamati ruang dengan sangat hati-hati, tetapi perjalanan roda dua listrik belum konsisten," kata Handa kepada Financial Express.

Penjualan belum stabil itu merupakan muara dari harga jual motor listrik yang saat ini masih tinggi. Sebagian besar motor listrik yang ada di pasar memang dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan motor bensin biasa.

"Biaya akuisisi dibandingkan dengan kendaraan ICE (Internal Combustion Engine) terus menjadi perhatian. Ketika pembeli siap, Suzuki akan hadir di pasar karena sudah memiliki teknologinya," ungkap Handa.

Memang diakui ada alasan masuk akal mengapa Suzuki belum menjajal segmen ini, tapi melihat merek lain sudah bermanuver mereka bisa ketinggalan. Bahkan perusahaan motor listrik rintisan mulai menjamur di mana-mana yang bisa saja mengancam merek besar seperti Suzuki tak dapat berkembang di teknologi masa depan motor listrik.

Sementara itu pabrikan motor Jepang lainnya sudah menunjukkan intensi untuk menuju era motor listrik. Walaupun seperti diketahui belum ada penjualannya yang begitu signifikan.

Di Indonesia saja Honda yang sudah mengenalkan motor listrik PCX meski belum memasarkannya. Motor listrik itu baru tersedia untuk disewakan.



Simak Video "Kebersamaan Suzuki dan Alex Rins Berlanjut hingga 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com