Jumat, 19 Jun 2020 14:41 WIB

Intip Proses Perakitan Motor Ducati Superleggera V4

Rizki Pratama - detikOto
Ducati Superleggera V4 produksi pertama Produksi pertama Ducati Superleggera V4. (Ducati)
Jakarta -

Sebagian besar motor, khususnya yang diproduksi dalam volume besar, dirakit dengan bantuan mesin. Sedangkan motor-motor dengan produksi terbatas yang berkualitas wahid dirakit langsung dengan tangan manusia. Misalnya Ducati Superleggera V4 ini yang hanya akan dibuat sebanyak 500 unit.

Motor anyar Ducati ini pertama kali keluar dari jalur produksi pada 17 Juni 2020 di pabriknya yang terletak di Bologna, Italia. Motor jagoan dari Ducati ini, dikatakan CEO Ducati, Claudio Domenicali, adalah pernyataan kalau pabriknya sudah mulai kembali beroperasi pada bulan Mei untuk mengejar rencana produksinya.

Tidak hanya itu, Produksi pertama dari 500 unit motor ini didokumentasikan dalam bentuk video. Dokumentasi ini menampilkan secara ringkas langkah demi langkah perakitan Ducati Superleggera V4 dari awal hingga akhir.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, unit pertama motor sport ini dibuat dengan tangan ahlinya secara langsung. Sebelum memulai proses berbagai komponen yang siap dipasang dipastikan berada dalam kondisi prima.

Proses perakitan dimulai dengan menyusun rangkaian dapur pacu mulai dari mesin hingga girboks ke dalam rangka. Selanjutnya kaki-kaki mulai dari shock depan dan arm belakang dipasang diiringi dengan velg berserta ban, sistem pengereman, sistem pembuangan, pemasangan gir ke rantai hingga kabel-kabel kelistrikan yang rumit. Terakhir tentunya memasang berbagai komponen body dan aksesori pelengkapnya sampai akhirnya motor dapat menyala.

Ducati memastikan motor dengan banderol USD 100 ribu atau seharga Rp 1,4 miliar ini akan memenuhi ekskpektasi pembelinya. Motor ini dibalut dengan serat karbon yang menjadi material fairing, velg dan swingarm. Untuk performanya, pengemudi dapat merasakan tenaga sebesar 234 hp di atas motor ini.

Dalam siaran persnya Ducati mengatakan bahwa pemilik pertama Ducati Superleggera V4 diundang untuk serah terima motornya langsung di pabrik. Sementara itu 499 motor lainnya akan dikirim langsung ke rumah pembeli menggunakan peti kayu bersama figur miniatur dari motor itu untuk menghiasi ruangan.

Ducati menambahkan bahwa pembeli ditawari kesempatan untuk membeli satu set kulit airbag dan helm karbon dengan warna senada untuk memaksimalkan tongkrongan. 30 dari 500 pemilik juga dapat membeli MotoGP Experience dan berkesempatan menjajal motornya di lintasan balap.



Simak Video "MotoGP Austria Milik Lorenzo"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com