Motor Masa Depan Bukan Cuma Canggih dan Ngebut, tapi Juga Bisa Terbang

Doni Wahyudi - detikOto
Kamis, 18 Jun 2020 08:45 WIB
Motor terbang polisi Dubai
Motor terbang sudah banyak dikembangkan di seluruh dunia. Akan jadi masa depan motor? (Hoverbike)
Jakarta -

Ide motor bisa terbang sekarang tak sebatas hanya ada di film atau cerita fantasi. Kecelakaan yang dialami polisi Dubai saat menaiki motor terbang menunjukkan kalau teknologi itu sudah sangat dekat.

Kendaraan melayang di udara sudah ada dalam film dan cerita fantasi sejak puluhan tahun lalu. Meski idenya sudah lebih dulu muncul dibanding kendaraan listrik, nyatanya justru kendaraan listrik yang lebih dulu lahir - dan diprediksi makin marak dalam satu dekade ke depan.

Beberapa hari lalu ramai diberitakan polisi Dubai mengalami kecelakaan saat melakukan ujicoba motor terbang. Hoverbike yang digunakan oleh polisi Dubai sejatinya bukan teknologi yang benar-benar baru.



Di berbagai penjuru dunia sudah bermuncukan perusahaan-perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi motor terbang.

Salah satunya di California, Amerika Serikat, sebuah perusahaan mengembangkan dan malah sudah mulai menjual apa yang mereka sebagai sebagai Hoversurf. Untuk satu unit motor terbang yang diproduksi, mereka membanderol harga Rp 2,1 miliar.

Masih dari Amerika Serikat, Kitty Hawk Corporation yang berlokasi di Mountain View, sudah mengembangkan motor terbang listrik yang mereka sebut Flyer. Perusahaan ini sudah menerima praorder sejak tahun lalu, hanya saja belum mengumumkan kapan produknya akan dijual secara resmi.



Departamen Pertahanan Amerika Serikat malah sudah menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan asal Inggris, Malloy Aeronautics, juga untuk mengembangkan motor terbang. Hoverbike kembangan mereka diharapkan bisa mengangkut personel tentara atau sebagai pengangkut barang.

Tactical Robotics yang bermarkas di Israel malah lebih canggih lagi. Mereka mengembangkan dan memproduksi motor terbang yang punya kecerdasan sehingga bisa berkendara secara otonom. Diberi nama Cormorant, Kendaraan ini ditujukan sebagai ambulans udara.

Dari Prancis, pabrikan Lazareth sempat bikin banyak bikers tercengang dengan produknya dua tahun lalu. Mereka memproduksi motor yang bisa hidup di dua alam, darat dan udara.


'La Moto Volante'. Ia memiliki 4 roda, dengan rincian 2 buah di depan dan 2 buah di belakang. Tapi selain itu, ada mesin jet mesin buatan perusahaan asal Jerman, Jetcat, tersemat di dalamnya.

Motor terbangLa Moto Volante Foto: Screenshot Youtube



Ketika dipakai di darat, Lazareth LMV 469 akan tampak seperti sebuah motor biasa yang memiliki 4 buah roda. Namun ketika motor ini berubah ke 'mode terbang', hal yang menakjubkan pun terjadi. Keempat ban akan bergerak keluar, lalu dari sela-sela pelek akan muncul exhaust mesin turbin jet yang mengeluarkan api. Sekilas, motor ini jadi mirip seperti drone.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)