Minggu, 14 Jun 2020 10:29 WIB

Tesla Cybertruck Masuk Indonesia Tahun 2022, Cocok Buat Pejabat?

Rizki Pratama - detikOto
Tesla memperlihatkan truk pikap Cybertruck Menanti Tesla Cybertruck masuk RI. Foto: Tesla
Jakarta -

Truk listrik Tesla atau disebut Cybertruck memiliki desain yang nyentrik dan sukses menarik perhatian dunia. Ada yang menyukai tapi ada juga yang mencibir karena selera memang tak sama.

Secara fungsi mobil berjenis truk memang digemari orang Amerika Serikat yang bisa dikatakan menjadi alasan Tesla merambah segmen ini. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Salah satu Importir Umum (IU) yang menawarkan Tesla di Indonesia, Prestige Motorcars beberapa waktu lalu telah menjanjikan truk Tesla dipasarkan di Indonesia. Menurutnya walaupun mobil sejenis truk itu tetap akan menarik untuk konsumen Indonesia meski tak sekuat pasar Amerika Serikat.

"Cybertruck ya seperti F150 Raptor jadi double kabin bisa buka bawa barang, orang Amerika suka sekali. Kalau di Indonesia buat dipakai sehari bisa buat kondisi yang kurang kondusif bisa juga," kata Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim di Pluit, Jakarta Utara, Jumat (12/6/2020).

Nilai jual lain Tesla Cybertruck dikatakan Rudy adalah tingkat durabilitas dan keamanannya. Mobil ini diklaim sebagai mobil produksi masal dengan keamanan yang sangat tinggi. Oleh karena itu menurut Rudy mobil ini bisa menjadi tawaran menarik untuk orang penting atau pejabat negara di Indonesia.

"Terus ini anti peluru diketok martil juga kuat jadi ini mobil produksi masal dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Pejabat mungkin," tuturnya.

Tesla Cybertruck diperlihatkan di Amerika serikat.Tesla Cybertruck diperlihatkan di Amerika serikat. Foto: Tesla

Beberapa waktu lalu Rudy telah mengatakan Tesla Cybertruk sudah masuk dalam agenda peluncuran mobil baru di Indonesia. Cybertruck direncanakan akan dijual Prestige Motorcars pada tahun 2022.

"Berikutnya juga ada Cybertruck, Cybertruck 2022 jadi masih rada lama, iya rencana ada. Memang untuk stok dulu tapi udah ada beberapa peminat sih," ungkap Rudy saat diwawancara akhir tahun 2019 silam.

Mengenai harga Elon Musk belum membeberkan berapa dollar banderol dari Cybertruck. Meski begitu mobil ini dikatakan sudah mendulang pemesanan sebanyak 600 ribu unit. Catatan pemesanan itu dihimpun dari tanggal 21 November 2019 sampai 30 Maret 2020.

Cybertruck diklaim memiliki kemampuan dan daya angkut yang sangat kuat. Berlari melebihi kecepatan mobil Porsche dan bisa mengalahkan mobil pikap paling populer di Amerika, Ford F-150, dalam adu tambang.

Varian paling murah dari Cybertruck akan memiliki jarak jelajah 250 mil atau 402 km, dengan kemampuan akselerasi 0-60 mil per jam dalam 6,5 detik. Varian kedua dengan motor listrik 2 di masing-masing axle-nya memiliki harga jual USD 49.000 dan sanggup berakselerasi dari 0-60 mil per jam dalam 4,5 detik dengan jarak jelajah 300 mil atau 482 km. Kemudian untuk varian teratas punya harga USD 69.900 dengan jarak jelajah 500 mil dan mampu menembus 60 mil per jam di hitungan 2,9 detik.

Mobil juga punya fitur opsional autopilot yang bisa dibeli seharga USD 7.000. Kemudian ada juga suspensi udara agar bodi mobil bisa sedikit turun atau naik sesuai kebutuhan.



Simak Video "Elon Musk Rilis Lagu EDM, Gimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com