Minggu, 14 Jun 2020 07:25 WIB

Curhatan Importir Supercar yang Nihil Penjualan Saat Pandemi

Rizki Pratama - detikOto
Rolls Royce dan Lamborghini Huracan Pembelian mobil super sepi saat pandemi. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta -

Jika negara-negara maju saja kena hantaman keras akibat virus Corona, Indonesia pun tak bisa dikatakan kebal atas segala dampaknya termasuk ekonomi. Dalam bisnis otomotif segmen atas yang biasa membeli mobil miliaran rupiah pun juga berpikir ulang untuk merogoh koceknya.

Salah satu Importir Umum (IU) supercar Indonesia, Prestige Motorcars mengaku masa pandemi ini sangat berat. Bahkan untuk model baru hampir tidak ada transaksi sama sekali.

"Untuk penjuakan benar-benar drop, 80 persen bahkan lebih. Semua produk supercar udah ga jualan, turun itu mobil, seken, semua turun. Supercar udah mandek," ungkap Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim di Pluit, Jakarta Utara, belum lama ini.

Masa transisi PSBB pun yang bertujuan mengembalikan perekonomian pun dirasa Rudy tak memberikan pengaruh signifikan. Belum lagi tidak ada keringanan pada barang impor yang diberikan pemerintah sebagai stimulus.

"Saya rasa dunia otomotif nggak terlalu dilihat ya karena bukan dunia ekonomi yang signifikan jadi kita belum dapat bantuan apa-apa dari pemerintah untuk itu. Impor belum ada penurunan. Semua rules tetap, perpajakan tetap, persyaratan juga tetap," terang Rudy.

Rudy merasakan menjual mobil super di Indonesia semakin sulit setiap tahunnya. Ia mengenang kembali jalan terjal yang harus dihadapi untuk mendatang mobil-mobil eksotis ke Indonesia.

"Dunia otomotif menang sangat terpukul sejak 2010 dollar menembus Rp 10 ribu sampai Rp 13 ribu dan naik seperti sekarang. Lalu ada PPNBM tentunya sejak tahun 2014 yang tadinya 75 persen jadi 125 persen itu juga membuat harga mobil semakin naik dan jualan semakin sulit. Lalu yang terakhir adalah saat sekarang ini," keluh Rudy.

Saat ini Prestige Motorcars hanya menggantungkan perputaran bisnisnya pada mobil bekas dan mobil listrik Tesla. Sementara itu Lamborghini Huracan Evo AWD merupakan transaksi sebelum Corona mewabah dan baru dapat dikirim sekarang. Pembelian itu sekaligus menjadi debutnya di Indonesia dan menandakan Prestige Motorcars siap menerima pesanan model tersebut.



Simak Video "Corona Tembus Setengah Juta, DKI-Jateng Catat 1.000 Kasus Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com