Sabtu, 06 Jun 2020 21:33 WIB

Ketika Harley-Davidson jadi Kereta Jenazah

Rizki Pratama - detikOto
Odong-odong Harley-Davidson Harley-Davidson pengantar jenazah. Foto: autoevolution
Jakarta -

Harley-Davidson sudah menjadi simbol bagi para penggemar kendaraan roda dua. Motor besar ini mencitrakan aura keberanian dan petualangan yang menjadi salah satu alasan orang menyukai sepeda motor.

Oleh karena itu seorang penyedia layanan pemakaman menyediakan pengantar jenazah dalam bentuk Harley-Davidson. Tentu saja jenazah tidak dibonceng di bangku belakang, melainkan motor diberikan modifikasi berupa trailer yang ditarik.

Odong-odong Harley-DavidsonOdong-odong Harley-Davidson Foto: autoevolution

Harley-Davidson pengantar jenazah ini dikelola oleh layanan pemakaman milik Ron Roach di Chicago, Amerika Serikat. Ron sudah mulai memberikan layanan antar jenazah menggunakan Harley-Davidson ini sejak 15 tahun lalu.

Gagasan ini muncul ketika Ron menghadiri pemakaman rekan komunitas motornya dan mengantar jenazah menggunakan sebuah mobil tua. Dari sana ia menemukan ide untuk mengantar jenazah mereka yang suka motor dengan motor pula. Menggunakan keajaiban modifikasi, lahirlah Harley-Davidson sebagai kereta perjalanan terakhir orang yang meninggalkan dunia ini.

Odong-odong Harley-DavidsonOdong-odong Harley-Davidson Foto: autoevolution

Harley-Davidson ini ditambahkan trailer dengan dua roda di belakangnya. Tidak hanya itu, di samping ban belakang motor itu ditambahkan dua ban lagi agar lebih seimbang. Sekilas Harley-Davidson itu tampak seperti model Tri Glide Ultra. Uniknya dua ban yang tambahan itu dapat dilepas untuk digunakan kembali sebagai motor biasa.

Pengerjaan kereta ini, dikatakan Ron, membutuhkan waktu 4 hari. Untuk menjaga rasa berkabung, Ron biasanya mengenakan pakaian seragam seperti kemeja putih dan jas hitam agar suasana duka tak dirusak oleh tampilan motor besar itu. Tak lupa pula, Ron tentu akan mengelola upacara pemakaman itu dari awal hingga akhir.

Ron mengungkapkan bahwa layanan ini diberikannya bukan untuk mencari keuntungan. Biaya sewa pengantar jenazah itu hanya USD 700 atau sekitar Rp 9 juta yang mencakup seluruh negara bagian Amerika Serikat. Tujuannya adalah memberikan penghargaan terakhir pada pecinta motor sebelum beristirahat dengan tenang.



Simak Video "Aksi Penangkapan Pencuri Harley-Davidson Modus Test Drive di Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com