Sabtu, 06 Jun 2020 15:52 WIB

Fitur Penyelemat Nyawa saat Alami Kecelakaan Motor

Rizki Pratama - detikOto
Poster Pertolongan medis yang cepat dapat mengurangi angka kematian dari kecelakaan. Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kendati teknologi dan fitur keselamatan pada kendaraan semakin maju, korban jiwa kecelakaan lalulintas terus terjadi. Bosch membuat inovasi untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan.

Bosch menemukan sebuah inovasi yang tampaknya cukup berperan dalam mengurangi angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Teknologi ini memang tidak bisa menghindari orang dari kecelakaan, namun memberikan harapan hidup lebih besar dengan pertolongan medis yang lebih cepat ketika kecelakaan terjadi.

Teknologi ini dinamai Help Connect. Sistem ini memungkinkan terjadinya panggilan medik ketika sensor mendeteksi terjadinya kecelakaan hidup. Fitur ini akan sangat dibutuhkan ketika mengendarai motor sendirian dan melewati jalan yang sepi.

Sistem ini mengandalkan algoritma kecelakaan yang dipasang sensor unit inersia motor. Algoritma ini diintegrasikan dengan aplikasi mobile Bosch untuk mengolah informasi dan lokasi ke pusat layanan Bosch. Secara teori, ketika kecelakaan terjadi pertolongan medis akan langsung meluncur ke tempat kejadian.

"Help Connect mengacu pada informasi dari kontrol stabilitas atau lebih spesifiknya unit sensor inersia. Setiap seratus kali per detik, sensor terintegrasi ini mengukur akselerasi dan kecepatan sudut. Seberapa cepat posisi sudut suatu benda berubah seiring waktu. Dengan demikian, sensor dapat secara akurat menentukan posisi dan sudut kemiringan saat itu juga. Selain itu, algoritma kecelakaan terintegrasi memungkinkan sensor untuk mendeteksi secara otomatis apakah sepeda motor telah terlibat dalam kecelakaan, atau motor hanya terjatuh saat diparkir," tulis keterangan Bosch.

Untuk penggunaannya tidak perlu ada tambahan perangkat lain. Cukup sambungkan dengan ponsel yang sudah terpasang aplikasi Bosch. Pengguna juga dapat memberikan data medis yang relevan yang dapat dipancarkan ke layanan darurat apabila terjadi kecelakaan. Selain panggilan darurat, anda juga dapat menempatkan kontak orang penting seperti keluarga sehingga ketika terjadi kecelakaan mereka akan otomatis tahu.

Sayangnya perangkat ini baru tersedia kepada mereka yang tinggal Jerman saja. Belum ada indikasi atau rencana alat ini akan dipasarkan di luar Jerman.



Simak Video "Detik-detik Tabrakan Truk Vs Truk di Tasik yang Tewaskan Satu Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com