Sabtu, 06 Jun 2020 13:47 WIB

ECU Eror dan Bisa Meledak, Kawasaki ZX10-R Ditarik

Rizki Pratama - detikOto
Kawasaki ZX-10RR hanya diproduksi 500 unit. Recall Kawasaki Ninja ZX10-R. Foto: Pool (Visordown)
Jakarta -

Kawasaki Motor Copr Amerika Serikat melakukan recall kepada ZX10-R karena masalah pada programming yang dapat mengakibatkan mesin menghasilkan ledakan kecil atau percikan api di sistem pembuangan. Penarikan yang dipublikasikan oleh National Highway Safety Administration (NHTSA) ini menyebutkan semua unit Kawasaki ZX10-R di sana mengalami masalah ini atau tepatnya sebanyak 1.529 unit.

Model-model yang terkena dampak ini antara lain, Kawasaki Ninja ZX10-R tahun 2019-2020, Kawasaki Ninja ZX10-R ABS tahun 2019-2020, dan Kawasaki Ninja ZX10-R ABS KRT Edition tahun 2019-2020.

Kawasaki menjabarkan bagaimana masalah pada ECU ini dapat menyebabkan bahaya pada mesin motor 998 cc itu. Masalah pada mesin akan muncul ketika pengendara menggunakan fitur quick shifter.

Jika hal itu terus terulang maka saluran udara pada katup bisa rusak. Komponen ini pada penggunaannya akan mempengaruhi kemampuan motor mengurangi kadar emsi yang dihasilkan oleh mesin.

Penggunaan yang lebih lama tanpa ada penanganan lebih lanjut terhadap kasus ini memberikan dampak lebih buruk lagi. Ketika katup udara rusak gas yang harusnya dikeluarkan melalui knalpot tidak dapat keluar. Udara panas itu dapat menyebabkan sejumlah komponen meleleh. Kawasaki juga mengatakan pada kemungkinan terburuknya motor bisa meledak.

Penarikkan ini akan mulai dilakukan pada 8 Juni 2020. Kawasaki akan menghubungi pemilik melalui surat elektronik dan meminta mereka untuk membuat janji mengunjungi bengkel terdekat.

Kawasaki telah menghadirkan warna baru untuk Ninja ZX-10R. Kawasaki Ninja ZX-10R kini ditawarkan dengan warna baru Pearl Blizzard White/Metallic Flat Raw Titanium.Kawasaki telah menghadirkan warna baru untuk Ninja ZX-10R. Kawasaki Ninja ZX-10R kini ditawarkan dengan warna baru Pearl Blizzard White/Metallic Flat Raw Titanium. Foto: Kawasaki

Bengkel akan melakukan program ulang pada ECU dan memeriksa katup udara dan komponen lain yang ada di sekitarnya. Jika ditemukan ada kerusakan komponen di area itu maka pihak bengkel akan menggantinya secara cuma-cuma alias gratis.

Ninja ZX-10R mampu menyemburkan tenaga 200 daya kuda dan bisa menyentuh angka puncak 207 daya kuda dengan ram air. Torsinya juga naik sedikit menjadi 113,5 Nm pada 11.500 rpm.

Kawasaki mengklaim, Ninja ZX-10R terbaru ini mirip dengan motor yang digunakan di balap World Superbike. Sebab, pabrikan yang khas dengan warna hijaunya itu telah meminta masukan besar dari tim balap untuk memproduksi motor ini.

Rem motor ini menggunakan kaliper monoblok M50 spesifikasi tertinggi sedangkan cakram memiliki ukuran 330mm.

Motor ini menggunakan suspensi Showa, garpu depan Showa Balance Free dan Showa BFRC Lite monoshock. Peredam steering elektronik dari Ohlins juga dimanfaatkan.

Sementara paket elektronik terbarunya, Ninja ZX-10R ini memiliki quickshifter yang memungkinkan penurunan posisi gigi tanpa menarik kopling. Motor ini juga dilengkapi dengan ECU spesifikasi balap, launch control system 3-way dan teknologi S-KTRC (Sport-Kawasaki TRaction Control).

Frame aluminium twin spar mendapatkan perbaikan struktural dan komponen spesifikasi balap. Hal itu akan memungkinkan penyesuaian steering stem dan swingarm pivot beberapa derajat.



Simak Video "Dibuat 'Orgasme' oleh Raungan Kawasaki ZX25R"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com