Senin, 01 Jun 2020 12:09 WIB

Truk Tangki Terobos Kerumunan Massa Demo George Floyd

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Truk Tangki Terobos Massa Protes Kematian George Floyd Truk Tangki Terobos Massa Protes Kematian George Floyd. Foto: Associated Press.
Minneapolis -

Sebuah truk tangki menerobos kerumunan massa demonstrasi yang memprotes kematian George Floyd di jalan tol Minneapolis, Minggu (31/5/2020) waktu setempat. Pengunjuk rasa menyeret sopir truk dan memukulinya.

Dilaporkan The New York Times, menurut saksi mata truk itu melaju di jalan tol I-35 ke arah demonstran, membunyikan klakson dan menggiring pengunjuk rasa sebelum berhenti. Polisi segera tiba ke lokasi untuk mengamankan pengemudi truk yang kemudian dibawa ke rumah sakit karena cedera.

Sebuah video dari insiden tersebut menunjukkan para pengunjuk rasa mengerumuni truk tangki sebelum berhenti.

"Tindakan yang sangat mengganggu oleh sopir truk pada I-35W, menghasut kerumunan demonstran yang damai," cuit Minnesota Department of Public Security (MNDPS).

MNDPS tidak mengidentifikasi pengemudi tetapi mengatakan Patroli Negara Bagian Minnesota dan Biro Penahanan Pidana Minnesota sedang menyelidiki insiden itu sebagai masalah pidana.

Ini menandai insiden kedua dalam beberapa hari ketika sebuah kendaraan melaju ke arah massa yang memprotes kematian Floyd. Sebelumnya, sebuah mobil Kepolisian Kota New York (NYPD) menerobos kerumunan massa pengunjuk rasa.

Video insiden ini cukup viral di media sosial. Salah satunya diunggah akun twitter, Pierre G., Minggu (31/5/2020). Dalam video itu tampak ada 2 mobil polisi NYPD sedang mengawal jalannya aksi penyampaian pendapat.

Para pengunjuk rasa kemudian mengelilingi mobil polisi NYPD tersebut dan menghalanginya dengan pagar besi. Tak puas, para demonstran juga melempari mobil itu dengan berbagai benda seperti botol air, sampah, hingga cone.

Polisi NYPD yang berada di dalam kedua mobil tersebut mulai terpengaruh dengan aksi provokasi yang dilakukan demonstran. Selanjutnya, mobil pertama mulai merangsek ke depan dan menghantam barikade dan beberapa demonstran. Tindakan itu diikuti dengan mobil kedua yang juga menabrak beberapa peserta aksi secara langsung.



Simak Video "Aksi Black Lives Matter Terus Bergaung di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com