Sabtu, 30 Mei 2020 14:28 WIB

Mulai Hari Ini Perpanjangan SIM Sudah Kembali Dibuka

M Luthfi Andika - detikOto
Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Lalu Hedwin memperkirakan semasa pandemi COVID-19 aktivitas pembuatan SIM mengalami penurunan mencapai 75 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc. Ilustrasi pembuatan SIM Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta -

Tepat hari ini Sabtu (30/5/2020) Ditlantas Polda Metro Jaya sudah membuka kembali pelayanan perpanjangan Surat izin Mengemudi (SIM). Seperti yang disampaikan Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin Hanggara, kepada detikOto.

"Satpas jajaran Polda Metro Jaya kemarin yang sempat terhenti atau tidak melakukan perpanjangan SIM, per hari ini sudah kembali memberikan pelayanan perpanjangan SIM. Tapi tetap dibatasi dengan protokol kesehatan dan kita tetap prioritaskan untuk pemohon yang SIM-nya sudah habis masa berlakunya (saat PSBB)," kata Hedwin.

Hedwin juga menjelaskan tidak hanya Satpas (Satuan Pelayanan Administrasi) Daan Mogot, namun seluruh jajaran Satgas Polda Metro Jaya per hari ini sudah kembali memberikan pelayanan perpanjangan SIM.

"Sebenarnya tidak pernah tutup (Satpas) tapi kemarin sementara tidak melayani perpanjangan SIM dan hari ini tidak hanya Satpas Daan Mogot saja, tapi semua Satpas jajaran Polda Metro Jaya mulai memberikan pelayanan perpanjangan SIM. Di Daan Mogot, Jakarta pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi, Bekasi kabupaten semuanya sudah melayani perpanjangan SIM," Hedwin menambahkan.

Suasana perpanjang SIM di Daat Mogot Sabtu (30/5/2020).Suasana perpanjang SIM di Daan Mogot Sabtu (30/5/2020). Foto: Dok. Istimewa

Seorang pemohon perpanjang SIM asal Jakarta menceritakan kepada detikOto, suasana pelayanan perpanjang SIM di Daan Mogot hari ini sudah dibuka kembali dengan menerapkan sosial distancing.

"Awal datang antrian sangat rapi karena memang diatur sama ibu polwan dan pak polisi, barisan dibagi 2 barisan dengan jarak aman sambil terus mengingatkan untuk menaga jarak aman. Tepat jam 08.00 WIB pintu dibuka antrian tertib, dengan pemohon pembuatan SIM masuk satu-satu melewati box dan diberi Name Tag satu per satu," cerita pembaca detikOto.

"Setelah masuk kita antri bayar dan diberikan Formulir untuk diisi lengkap. Setelah lengkap diisi kita diarahkan ke lokasi foto, Saat pertama masih aman sedikit-sedikit para perpanjang SIM mulai banyak yang antre foto. Saat Foto saya selesai saya tinggal Ambil SIM nya. Tiba-tiba mesin printer macet error, tidak bisa digunakan akhirnya semua antrian makin panjang," tambahnya.

Meski demikian pihak berwajib terus mengingatkan kepada para calon pemohon perpanjang SIM untuk tetap menjaga jarak aman.

"Kondisi di dalam ruangan cukup banyak orang meskipun pak Polisi ada yang teriak-teriak tolong jaga jarak jaga jarak Aman. Tapi kondisi orang makin penuh karena di depan tidak di setop. Kira-kira jam 10.05 printer berfungsi setelah diganti mesin printernya," tutup cerita pembaca detikOto.



Simak Video "Dirlantas Polda Metro: Jangan Memaksa Perpanjang SIM Hari Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com