Kamis, 28 Mei 2020 13:58 WIB

Seperti Apa Isi Kabin Pesawat Luar Angkasa SpaceX? Begini Penampakannya

Doni Wahyudi - detikOto
Crew Dragon SpaceX Panel instrumen dalam kabin Crew Dragon dioperasikan dengan teknologi layar sentuh (SpaceX)
Jakarta -

Pesawat luar angkasa bikinan SpaceX punya kesan nyaman, futurstis, dan juga minimalis. Masuk ke dalam kabin Crew Dragon selayaknya berada di dalam mobil mewah.

Crew Dragon adalah kapsul luar angkasa yang hari ini dijadwalkan pergi ke orbit mengangkut astronot NASA dalam sebuah misi. Lantaran cuaca buruk, termasuk munculnya bada tropis Bertha, peluncuran tersebut kemudian dibatalkan.

Dihitung sejak awal memiliki misi penerbangan luar angkasa, Crew Dragon merupakan generasi kedua kapsul luar angkasa miliki SpaceX. Dikembangkan lebih dari 10 tahun, kapsul ini terlihat jauh berbeda dengan pesawat luar angkasa yang kerap kita lihat sebelumnya.

Crew Dragon SpaceXCrew Dragon SpaceX Foto: SpaceX



Tidak seperti Soyuz atau Apollo yang terlihat sempit dan penuh tombol rumit, Crew Dragon punya ruang kaki yang lega. Faktanya, ruang Crew Dragon memang lebih luas dengan mampu menampung empat orang sekaligus.

Crew Dragon juga memiliki kursi yang diklaim bisa membuat astronot merasa lebih nyaman. Selain itu, instrumen-instrumen dioperasikan dengan teknologi layar sentuh.

Kursi di dalam kabin Crew DragonKursi di dalam kabin Crew Dragon Foto: SpaceX



Memasuki Crew Dragon akan memunculkan ingatan kita soal film-film penjelajahan luar angkasa. Di mana teknologi canggih berpadu dengan kenyamanan, dan desain minimalis.

Dikutip dari space.com, Crew Dragon adalah kendaraan autonomous. Itu artinya kapten kapal dan pilot tidak harus melakukan banyak hal untuk mengendalikan. Namun bisa saja 'setir' diambil alih dan dikemudikan secara manual.

Wajah Crew Dragon dilihat dar luarWajah Crew Dragon dilihat dar luar Foto: SpaceX



Selayaknya mobil mewah, Crew Dragon juga dilengkapi fasilitas keamanan. Kapsul luar angkasa ini memiliki escape system, yang bisa digunakan jika terjadi situasi darurat baik saat peluncuran atau ketika berada di orbit.



Simak Video "NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com