Kamis, 21 Mei 2020 12:53 WIB

CO2 Bisa Jadi Bahan Bakar Kendaraan Masa Depan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sistem pengubah CO2 jadi bahan bakar Sistem pengubah CO2 jadi bahan bakar. Foto: Istimewa.
Jakarta -

Pemanasan global memaksa berbagai industri beralih ke energi terbarukan. Industri otomotif pun mencari cara untuk beralih dari penggunaan bahan bakar fosil. Ke depan, dipercaya CO2 bisa menjadi alternatif penggerak kendaraan.

Dikutip Visordown, ada sebuah tim dari Carbon Engineering (CE) yang mengembangkan sistem bernama 'Direct Air Capture'. Sistem itu akan mengubah udara sekitar menjadi bahan bakar baru.

Prosesnya disebut 'air to fuels' yang dicapai melalui tiga langkah utama. Pertama, CO2 dari udara di sekitar ditangkap melalui penggunaan kipas dan struktur seperti sarang lebah yang menjebak molekulnya.

Selanjutnya, elektrolisis digunakan untuk membuat hidrogen dan oksigen keluar dari air. Langkah terakhir, CO2 dikombinasikan dengan hidrogen dan campuran disintesis menjadi bahan bakar.

Menurut CEO Carbon Engineering, Steve Oldham, bahan bakar yang diproduksi melalui proses ini sebenarnya lebih unggul daripada yang diperoleh secara tradisional melalui pemrosesan minyak bumi. Dia bahkan mengklaim bahan bakar yang dihasilkannya lebih sedikit menghasilkan polusi.

Disebutkan, bahan bakar yang diproses dari CO2 itu menghasilkan tenaga yang lebih besar untuk mesin dibandingkan bahan bakar minyak.

Salah satu penghambat sistem ini adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk membuat bahan bakar, menghasilkan hidrogen dengan memecah molekul air yang rumit dan menggunakan banyak tenaga listrik.



Simak Video "Mobil Bahan Bakar Udara, Surabaya "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com