Mirip Banget, Jiplakan Rolls-Royce Versi Mobil China

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 14 Mei 2020 11:57 WIB
Rolls-Royce Cullinan tiruan
Mobil China jiplak Rolls-Royce Foto: carbuzz
Jakarta -

Di China sudah cukup sering ditemukan merek-merek lokal sana menjiplak hasil karya produksi dari negara lain. Tidak hanya barang-barang kecil nan murah, mobil-mobil merek China pun tak sedikit yang dibuat mirip dengan mobil-mobil dari Eropa atau Amerika.

Kali ini mobil terbaru yang dicontek habis-habisan adalah Rolls-Royce Cullinan. Di sana mobil mewah tiruan ini memiliki kode nama Hongqi E115, nama pasarannya akan segera dibaptiskan saat peluncurannya di kuartal 4 tahun ini. Sebelum diproduksi sekarang Hongqi E115 sudah ditampilkan konsepnya di Shanghai Auto Show tahun lalu.

Mobil ini belum secara resmi diluncurkan namun CarNewsChina mendapatkan foto bocoran dari mobil tersebut. Di bagian depan, Hongqi E115 menampilkan kisi-kisi bergaya Rolls-Royce yang besar dengan batang krom vertikal. Gril mendominasi bagian depan dan bahkan lebih besar dari Cullinan. Fasia dihiasi dengan lampu depan LED yang lebih ramping

SUV mewah China ini bisa dibilang terlihat lebih baik dan lebih modern daripada Rolls-Royce Cullinan. Cullinan masih berusaha untuk mempertahankan aura konservatif dari mobil Rolls-Royce sedangkan Hongqi lebih bebas mengekspresikan gayanya.

Hongqi E115 memiliki jarak sumbu roda wheelbase 3.251 mm dengan panjang keseluruhan 5.156 mm. Seperti Cullinan, SUV China ini cukup bongsor namun agak sedikit lebih pendek.

Sebagai mobil mewah kabin Hongqi diisi dengan sistem infotainment layar sentuh. Bagian dashboard sudah sepenuhny menggunakan digital. Sementara itu kulit alcantara melapisi jok dan konsol tengah kabin mobil ini.

Pada dapur pacunya Cullinan racikan China ini tidak mengandalkan bahan bakar fosil. SUV Bongsor ini ditenagai dua motor listrik yang masing-masing terletak di gandar depan dan belakang.

Konfigurasi tersebut menghasilkan 510 hp dan torsi 567 lb-ft yang memungkinkan SUV mewah untuk berakselerasi dari 0-100 kpj dalam empat detik. Sebagai penyimpan dayanya Hongqi E115 menggunakan baterai ion-ion 92,4 kWh yang dapat mengantarkannya sejauh 598 km sekali pengisian penuh.



Simak Video "Mobil China DFSK I-Glory Auto: Harga Manusiawi, Fitur Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)