Rabu, 13 Mei 2020 22:06 WIB

Bawa Hewan Peliharaan dalam Mobil, Pengemudi Jadi Lebih Hati-hati

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi anjing menyetir Hasil survey mengatakan anjing tingkatkan kewaspadaan pengemudi Foto: Zing
Jakarta -

Merek mobil asal Spanyol, Seat, memublikasikan survei menarik tentang keselamatan berkendara. Didapati mengemudi dengan membawa anjing di dalam akan meningkatkan kewaspadaan saat berkendara.

Studi lebih dari setengah pengemudi di Inggris yang memiliki anjing mengatakan mereka mengemudi lebih hati-hati ketika bepergian dengan hewan peliharaan mereka di dalam mobil. Semakin muda pengemudinya, semakin tinggi tingkat kewaspadaannya, terutama pada mereka yang berusia 18-24 tahun, yang merupakan 69 persen dari total koresponden. Sementara pada pengemudi yang lebih tua, hanya 42 persen saja yang mengaku lebih hati-hati berkendara ketika membawa anjingnya.

Selain meningkatkan kewaspadaan dalam mengemudi, membawa anjing bersama di dalam mobil saat berkendara juga memberikan manfaat lain. Sebanyak 35 persen koresponden mengaku lebih rileks ketika mereka membawa anjing di dalam mobil. Dengan kata lain tingkat stres pengemudi yang membawa anjing cenderung lebih rendah daripada yang tidak saat berkendara.

"Semua orang tahu bahwa masyarakat Inggris sangat mencintai anjing-anjingnya, namun penelitian ini menegaskan bahwa memiliki sahabat mereka di dalam mobil dapat berkontribusi dalam berkendara yang lebih aman sembari juga memiliki manfaat kesehatan mental yang positif dengan mengurangi tingkat stres," kata kepala aftersales SEAT Inggris, Nigel Griggs,

Ironinya, kebanyakan koresponden tidak mengetahui ada aturan tentang membawa hewan peliharaan di dalam mobil. Lebih dari sepertiga koresponden tidak tahu ada regulasi dan 90 persen tidak tahu bahwa ada denda sebesar USD 6.200 atau sekitar Rp 92 juta apabila meninggalkan peliharaan di dalam mobil tanpa dijaga.

Menariknya ternyata banyak pemilik anjing yang tidak tahu ada hukuman itu. Hanya 1 dari 5 orang yang tidak meninggalkan anjingnya di mobil saat bepergian.

"Pengemudi perlu memastikan mereka menjaga anjing mereka dengan aman saat bepergian. Mereka harus menggunakan aksesoris hewan peliharaan yang nyaman dan aman benar sama seperti penumpang menggunakan sabuk pengaman," tukasnya



Simak Video "Kapolri Resmikan Indonesia Safety Driving Center di Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com