Kamis, 07 Mei 2020 11:03 WIB

Platform Mobil Listrik Ringkas Buatan Israel

Rizki Pratama - detikOto
Platform Mobil Listrik Israel Platform mobil listrik Israel. Foto: Yuval Chen/Yuval Chen
Jakarta -

Salah satu perusahaan rintisan asal Israel bernama REE membuat platform mobil listrik yang ringkas. Platform ini dapat diaplikasikan dengan bebas ke berbagai jenis kebutuhan dan desain mobil listrik.

Dari bentuknya, platform ini hanya terdiri dari sasis, roda serta lantai kendaraan. Di dalamnya sudah tertanam motor penggerak, suspensi, sistem kemudi dan rem. Pada setiap sudut terpasang ECU, plus satu di sasisnya.

Platform ini dibuat untuk menjadi dasar pengembangan beragam mobil listrik. Pengembang lain bisa menambahkan dengan bebas desain dan beragam spesifikasi yang diinginkan untuk terpasang di kendaraan.

"Platform mesin pembakaran internal dan platform mobil listrik Volkswagen kurang lebih sama. Ini masih merupakan konfigurasi sasis tiga kotak. Mereka mengambil platform mobil bensin dan menyesuaikannya untuk mobil listrik. Tesla dan Jaguar Land Rover juga sama, dan itu tidak masuk akal bagi kami," ujar co-founder dan CEO REE, Daniel Barel.

REE memiliki motor dan perangkat lunak yang terpasang pada ujung sasis suspensi, jadi ini bukan desain biasnya. Platform ini akan memiliki massa yang terurai dan lebih ringan. REE mengatakan modul ini dapat dibongkar pasang dalam 18 menit yang akan memberikan keuntungan proses perbaikan dan perawatan kendaraan komersial.

Hasil temuan REE ini bahkan telah digunakan oleh Hino. Platformnya sekilas seperti skateboard dengan ukuran ban belakang lebih kecil daripada ban depan.

"Semua yang Anda lihat adalah hasil kerja kami untuk mereka. Motor, pengereman, suspensi, drivetrain, semuanya. Anda dapat membayangkan kedalaman uji tuntas yang harus kami lalui sebelum mereka mempercayai kami," kata Barel.

Alih-alih memiliki basis manufaktur besar sendiri, REE mengatakan telah memiliki pabrik mitra-perusahaan dengan kapasitas cadangan. Hal ini dapat menghemat biaya pengeluaran modal yang lebih besar.

"Kami memiliki kemitraan unik dengan T1 terbesar di dunia. Mereka adalah investor dan pemegang saham kami. Kami melakukan semua penelitian dan pengembangan dan kemudian, seperti OEM lainnya, kami mengirimkannya ke produksi." Tuturnya.

Selain kendaraan komersial, platform mobil listrik ini juga akan dibuat untuk mobil penumpang. "Akan ada setir. Ada mobil yang by-wire dan Anda dapat mengendarainya. Kami tidak dapat menentukan apakah itu otonom atau tidak. Anda dapat menempatkan apa pun yang Anda inginkan di atasnya," tutupnya.



Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(rip/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com