ADVERTISEMENT

Toyota dan BMW Masih Mesra Asuh Mobil Kembarnya?

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 05 Mei 2020 19:36 WIB
Toyota Supra dan BMW Z4
Toyota Supra dan BMW Z4 Foto: Autoblog
Jakarta -

Hubungan Toyota dan BMW masih panjang setelah melahirkan mobil sport kembar Supra dan Z4. Setahun sudah muncul di pasar, model anyar tahun 2021 pun sudah disiapkan dengan tenaga lebih besar pada mesin enam silinder dan empat silinder plus ada juga edisi khususnya.

Keduanya sampai saat ini masih saling terhubung untuk perencanaan evolusi Supra berikutnya. Menurut manajer senior perencanaan produk kendaraan, Jack Hollis, bahwa Toyota masih sepenuhnya bertanggung jawab atas pengaturan sasis pada mobil ini.

Terlepas dari itu ia mengaku bahwa koordinasi tidak lagi seintensif di awal rencana membangun Supra dan Z4 bersama-sama. Masing-masing tim dari perusahaan kini sudah mulai mandiri mengurus dan mengembangkan mobil hasil perkawinan pabrik Jepang dan Jerman ini.

"Seiring berjalannya waktu, ada lebih banyak pemisahan. Sementara kami masih saling melempar ide dan berbagi informasi, kami membuat kesepakatan untuk berpisah. Itu bukan tanpa perbincangan. Itu bukan tanpa rekayasa. Chief Engineer Tada dan timnya tetap berhubungan cukup konstan dengan BMW," Ungkapnya.

Seperti diketahui mobil seperti Supra bukanlah ujung tombak penjualan bagi perusahaan seperti Toyota, yang memiliki berbagai opsi kebutuhan pasar. Model-model seperti ini cenderung lebih mengutamakan nilai citra yang ingin dicapai.

Meski tak terlalu peduli dengan angka penjualannya, Supra tak dapat dipungkiri dengan mudah memikat pasar. Pada tahun 2019 saja mobil seharga USD 56 ribu atau sekitar Rp 840 juta di Amerika Serikat itu terjual 2.884 unit. Jangan lupakan pula hasil itu didapat hanya dalam waktu 6 bulan karena mobil baru meluncur di bulan Juli 2019.



Simak Video "Tren Bergeser, Toyota Bikin Mobil Pejabat Model Crossover"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT