Punya Mobil Mahal dan Kereta Pribadi, Kim Jong Un Juga Hobi Belanja Barang Mewah

Tim detikOto - detikOto
Selasa, 05 Mei 2020 03:04 WIB
Korea Utara: AS belum melihat Kim Jong-un lagi, kata Menlu AS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.Foto: BBC World
Jakarta -

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tak hanya memiliki mobil mewah dan kereta pribadi, tokoh yang sempat diisukan meninggal ini ternyata juga gemar berbelanja barang-barang mewah lainnya.

Mengutip dari laporan New York Times dan Center for Advanced Defense Studies, pada 2019 Kim Jong Un disebutkan telah mendatangkan barang-barang premium buatan Eropa melalui jaringan distribusi yang rumit dengan tingkat kerahasiaan tinggi.

Laporan CNN pada 2017 mengatakan jika pemimpin Korea Utara itu telah membeli kapal pesiar, minuman beralkohol premium, hingga peralatan untuk membuat resor ski mewah.

Laporan lain juga menyebutkan bahwa Kim Jong Un memiliki lebih dari 20 istana mewah, dan telah menghabiskan banyak waktunya di sebuah pulau di lepas pantai Korea Utara.

Belum cukup dengan fakta tersebut, pada 2015 Korea Utara telah membelanjakan lebih banyak uang untuk barang mewah, dibandingkan impor barang mereka dari seluruh dunia.

Lalu bagaimana Kim Jong Un mendapatkan uang untuk memenuhi hobinya itu?

Masih menurut laporan CNN, untuk menyesuaikan gaya hidup mewah Kim Jong Un dan mendanai program militernya, Korea Utara menggunakan banyak cara ilegal untuk mendapatkan uang. Antara lain dengan meretas sistem perbankan, menjual senjata, menjual narkoba, memalsukan uang tunai, hingga memperdagangkan spesies langka.

Dari aktivitas tersebut, negara yang beribukota di Pyongyang itu bisa menghasilkan pendapatan antara US$ 500 juta hingga US$ 1 miliar setiap tahunnya. Sementara Kim Jong Un sendiri dilaporkan memiliki kekayaan bersih senilai US$ 5 miliar (sekitar Rp 75,7 triliun) pada 2013 lalu.



Simak Video "Bikin Pangling! Kim Jong Un Tampak Lebih Kurus di Tengah Isu Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)