Rabu, 29 Apr 2020 17:48 WIB

Aturan Lockdown Dilonggarkan, Mobil di Malaysia Kini Boleh Bawa 2 Orang, Asal...

Luthfi Anshori - detikOto
Kondisi jalanan di Malaysia saat lockdown tahap kedua Kondisi lalu lintas Malaysia selama penerapan lockdown.(Facebook Oneazam Mokhtar)
Jakarta -

Otoritas Malaysia memperbarui poin peraturan berkendara selama penerapan penguncian (lockdown). Jika sebelumnya setiap mobil hanya boleh membawa maksimal satu orang, kini satu mobil boleh membawa maksimal dua orang.

Dikutip dari Paultan, aturan mengenai itu tertuang dalam Federal Gazette - Prevention and Control of Infectious Diseases (Measures within Infected Local Areas) (No.4) Regulations 2020, yang berlaku sejak 28 April hingga 12 Mei.

Namun kendati sudah bisa membawa teman saat perjalanan, pengendara mobil di Malaysia tak bisa sembarangan memilih orang. Teman perjalanan yang diajak harus keluarga sendiri.

Dikatakan Menteri Senior Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, pengendara mobil kini bisa mengajak istri atau suaminya, atau orang tua dan anak laki-laki atau anak perempuannya, asalkan tinggal di rumah yang sama.

Selain itu, tujuannya juga harus jelas, yakni untuk keperluan membeli makanan, obat-obatan, atau kebutuhan sehari-hari lainnya. Untuk tujuan selain itu, otoritas Malaysia bakal memberi sanksi tegas.

Sementara untuk batas radius yang diizinkan tetap sama, yakni sekitar 10 km. Tapi jika dalam radius tersebut tidak ditemui fasilitas pelayanan medis atau fasilitas penyedia kebutuhan sehari-hari, otoritas membolehkan pengendara mobil melakukan perjalanan lebih dari jangkauan itu.



Simak Video "Pemerintah Siapkan Sembako Bagi WNI yang Terjebak Lockdown di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com