Rabu, 29 Apr 2020 15:31 WIB

Sketsa Paten Bocor, Nissan Ariya Segera Diproduksi Massal?

Luthfi Anshori - detikOto
Sketsa paten Nissan Ariya Sketsa paten Nissan Ariya.Foto: Paultan
Jakarta -

Nissan Ariya pertama kali muncul sebagai mobil konsep, di Tokyo Motor Show 2019. Baru-baru ini beredar bocoran sketsa paten yang diduga produk massal Nissan Ariya.

Dikutip dari Paultan sketsa paten Nissan Ariya kali pertama muncul dari kantor paten Argentina. Dari penampakannya, sketsa tersebut sangat identik dengan mobil konsep Nissan Ariya.

Persamaan itu terlihat dari desain grille depan yang menampilkan bentuk V motion. Tak hanya itu, bentuk bumper, desain lampu utama dan lampu DRL-nya pun mirip.

Sketsa paten Nissan AriyaSketsa paten Nissan Ariya Foto: Paultan

Sementara dari bagian samping, sketsa paten ini menampilkan bentuk door handle yang masih menggunakan model konvensional. Selain itu, port pengisian baterai terletak di dekat pintu depan bagian kanan.

Bagaimana dengan sisi belakangnya? Bagian bumper didesain ulang, dan dilengkapi reflektor, sensor parkir, dan antena shark fin di bagian atapnya.

Sementara sisi interior memang tidak diperlihatkan. Namun jika mengacu pada model konsepnya, Nissan Ariya bakal mendapat dashboard minimalis yang tidak dipenuhi oleh tombol dan sistem kendali seperti yang ditemukan pada kendaraan konvensional.

Satu-satunya kontrol fisik adalah tombol start, satu tombol untuk mengoperasikan monitor layar 12,3 inci, serta kendali iklim. Panel instrumen bertransisi dengan sempurna ke pintu dan elemen interior, sehingga tidak terlihat saat belum digunakan.

Mobil Konsep Nissan AriyaMobil Konsep Nissan Ariya Foto: Zulfi Suhendra/detikcom

Masih bicara konsep teknologi, dari sisi kemudi, Ariya mengusung sistem ProPILOT 2.0. Sistem ini menggabungkan pengemudian ternavigasi di jalan raya dengan kemampuan mengemudi lajur tunggal hands-off. Sistem dapat membantu pengemudi ketika mobil berjalan, pengalihan jalur dan jalur yang keluar di jalan raya multi-jalur.

ProPILOT 2.0 juga memungkinkan pengendara lepas tangan (hands-off) saat berkendara di jalur tertentu. 1,2 Ketika mendekati pengalihan jalan atau bersiap untuk melewati kendaraan lain, sistem menilai waktu yang tepat untuk berbelok atau melintas berdasarkan informasi dari sistem navigasi dan penginderaan 360 derajat. Pengemudi menerima panduan audio dan visual

Ketika diparkir di kantor atau rumah, Konsep Ariya mendukung teknologi Nissan Energy. Teknologi ini memungkinkan untuk terhubung dengan sistem energi untuk mengisi baterai EV, rumah listrik dan bisnis, dan bahkan menjual energi kembali ke jaringan listrik. Ariya punya dimensi panjang 4,6 meter, lebar 1,92 meter dan tinggi 1,63 meter.



Simak Video "Rugi US$ 6,2 Miliar, Nissan Tutup Pabriknya di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com