Rabu, 29 Apr 2020 08:06 WIB

Sebelum Tesla, Ini Mobil Listrik Terbaik Amerika

Rizki Pratama - detikOto
Mobil Listrik CitiCar Mobil listrik CitiCar Foto: autoevolution
Jakarta -

Elon Musk memang sukses memasarkan mobil listrik Tesla ke penjuru dunia. Kesuksesan Tesla bukan berarti mereka adalah penemu mobil listrik, di Amerika Serikat ada mobil listrik yang lebih populer dari Tesla.

Sebelum mobil-mobil listrik seperti Nissan Leaf, Toyota Prius, dan Tesla menguasai pasar, Chrysler pernah menjajakan mobil listrik lebih dulu di negeri Paman Sam.

Pabrikan yang telah mengenalkan mobil listrik di AS ini bernama CitiCar. Lebih hebatnya lagi mobil ini diproduksi pada tahu 1974 oleh perusahaan bernama Sebring-Vanguard.

Pada masa itu mobil-mobil berotot ala Mustang dan Chevrolet tengah digandrungi sehingga keberadaan mobil listrik CitiCar tidak terlalu dikenal. Umur mobil ini pun tak lama di jalur produksi. Pada tahun 1977 napas terakhirnya dihembuskan dengan total 4.500 unit produksi.

Angka produksi itu memang sangat kecil jika dibandingkan dengan produksi mobil konvensional lainnya. Namun, faktanya mobil ini adalah mobil listrik dengan jumlah produksi terbanyak sampai akhirnya dikalahkan oleh produksi mobil Tesla di tahun 2010.

Sedikit informasi mengenai mobil ini, CitiCar tersedia dalam 3 varian di pasaran dengan pilihan baterai. Varian termurah menggunakan baterai 36v dengan motor penggerak bertenaga 2,5 hp. Selanjutnya ada yang mengangkut baterai 48v dengan tenaga listrik 3,5 hp, sedangkan yang paling tertinggi memiliki tenaga hingga 6 hp.

Di pasaran mobil ini sudah cukup sulit ditemukan. Seorang yang mendapatkan mobil ini dan menjual mematok harga USD 3.500 atau sekitar Rp 54 juta.



Simak Video "Saham Tesla Melejit, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com